Referensi Instrumen Pemeriksaan Keseimbangan

 
Sebagai fisioterapis, saya dan Anda banyak menghadapi pasien dengan gangguan fisik dan aktifitas. Selain penurunan kekuatan otot, keterbatasan gerak sendi dan rasa nyeri, gangguan keseimbangan juga merupakan problem yang kerap kita temui pada pasien, terutama pada pasien geriatri dan pasien dengan gangguan neurologi seperti paska stroke.

Gangguan pola dan kecepatan jalan serta resiko jatuh merupakan beberapa akibat dari gangguan keseimbangan. Beberapa aktifitas seperti merawat diri dan lingkungan, menjalankan hobi dan pekerjaan turut terganggu karenanya.

Pada pemeriksaan keseimbangan kita dapat menengarai apakah pasien mengalami gangguan keseimbangan atau tidak. Ada banyak bentuk test keseimbangan yang dapat kita gunakan sesuai dengan indikasinya, seperti :
  1. Berg Balance Scale (BBS)
  2. Clinical Test of Sensory Interaction and Balance (CTSIB) 
  3. Timed Up and Go (TUG)
  4. Romberg 
  5. dan lain - lain
Kali ini saya tidak akan mengulas panjang lebar tentang test-test keseimbangan, namun saya akan mengajak Anda mengunjungi salah satu situs yang mengulas berbagai test mulai dari test kekuatan, aktifitas fungsional gait dan juga keseimbangan, yaitu Rehabilitation Instrument Databese. Beberapa instrumen pemeriksaan keseimbangan yang dapat Anda pelajari di situs tersebut antara lain  :

  1. Berg Balance Scale
  2. Functional Gait Assessment 
  3. Clinical Test of Sensory Interaction and Balance; Modified Clinical Test of Sensory Interaction and Balance 
  4. Dynamic Gait Index 
  5. Tinetti Falls Efficacy Scale 
  6. Four Step Square Test 
  7. Timed Up and Go 
  8. Rivermead Mobility Index
  9. Activities-Specific Balance Confidence Scale  
  10. Functional Reach Test / Modified Functional Reach Test 
  11. Freezing of Gait Questionnaire 
  12. ....
Dan masih banyak lagi jenis instrumen pemeriksaan keseimbangan dalam situs tersebut. Silakan kunjungi http://www.rehabmeasures.org untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.


Semoga bermanfaat !
BERIKAN KOMENTAR ()