Jari dan Telapak Tangan Kesemutan Saat Mengendarai Sepeda Motor, Kenapa?

Seorang penghobi vespa mengalami keluhan kesemutan pada jari-jari tangan saat mengikuti touring. Keluhan serupa juga diutarakan kepada fisioterapis oleh seorang pecinta Honda CB, “ Kenapa jari –jari tangan saya kesemutan setelah naik sepeda motor jarak jauh ? “

Berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor kadang memang mengasyikkan, apalagi dilakukan bersama-sama. Saat ini banyak klub sepeda motor mulai dari klub vespa, klub Honda CB, klub RX King hingga Harley Davidson. Touring akhir pekan kini menjadi trend tersendiri, dalam even-even tertentu kadang menempuh jarak cukup jauh hingga lintas propinsi bahkan lintas pulau.

Selain menyenangkan, ternyata berkendara jarak jauh dalam waktu yang lama juga menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Seorang penghobi vespa mengalami keluhan kesemutan pada jari-jari tangan saat mengikuti touring. Keluhan serupa juga diutarakan kepada fisioterapis oleh seorang pecinta Honda CB, “ Kenapa jari –jari tangan saya kesemutan setelah naik sepeda motor jarak jauh ? “

Mungkin kejadian diatas juga pernah Anda alami, dan mendorong Anda untuk mengetahui jawabannya.

Jari Kesemutan, Tangan Kesemutan, Telapak Tangan Kesemutan
Kesemutan Saat Menegndarai Sepeda Motor

Kesemutan Tanda Penjepitan Saraf

Kesemutan merupakan tanda saraf Anda mengalami gangguan. Penghantaran signal sensoris dari permukaan kulit menuju otak terhambat pada daerah tertentu, sehingga rasa raba yang diterima otak menjadi berkurang atau timbul sensasi seperti kesemutan. Terhambatnya signal sensoris ini bisa mengakibatkan sensasi tebal, baal atau kesemutan.

Carpal Tunnel Syndrome

Kesemutan di jari-jari tangan dapat disebabkan oleh penjepitan saraf di pergelangan tangan. Coba ketuk atau tekan pergelangan tangan Anda, jika ada rasa nyeri menjalar dari pergelangan tangan hingga jari-jari mungkin jebakan terjadi di daerah itu. Penjepitan saraf di pergelangan tangan bisa disebabkan karena carpal tunnel syndrome (CTS), yaitu penjepitan saraf medianus di terowongan carpal yang terletak di pergelangan tangan.

Mengemudi sepeda motor jarak jauh dalam waktu yang lama sangat memungkinkan terjadinya CTS. Getaran mesin kendaraan dan ketegangan pada otot-otot tangan dapat menyebabkan peradangan pembengkakan pada otot-otot penggerak jari-jari yang melewati terowongan carpal, sehingga terowongan carpal menyempit dan menjepit saraf medianus yang juga melewati terowongan itu.

Pada kaus carpal tunnel syndrome ringan, kesemutan pada jari-jari tangan akan mereda setelah tangan dikibas-kibaskan. Dalam kasus yang lebih berat , hal itu tidak akan membantu.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan ?

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat mengalami gejala kesemutan pada jari-jari tangan :
  1. Break and stretch . Saat perjalanan cobalah untuk beristirahat beberapa kali agar otot-otot tangan Anda beristirahat – tidak mengenggam kemudi.
  2. Lakukan peregangan pada tangan dan jari jari. Latihan tendon gliding adalah latihan yang direkomendasikan. ( Baca artikel : Latihan Tendon Glidding )
  3. Lakukan latihan penguatan otot lengan dan tangan agar kuat dan stabil saat berkendara.

Sebaiknya Anda mengunjungi fisioterapis bila mencurigai mengalami carpal tunnel syndrome. Penanganan lebih awal dapat mencegah perkembangan yang lebih parah. Berbagai latihan,edukasi modifikasi aktifitas dan beberapa modalitas terapi dapat menghindari carpal tunnel syndrome berkembang lebih parah.

Komentar

  1. hmmm... carpal tunnel syndrome ya namanya, thanks ya gan artikelnya menambah wawasan dan thanks atas tipsnya... salam kenal. :) sukses selalu gan.

    BalasHapus
  2. Jadi berdasarkan penyebab yang wajar, dikira hal itu tidak wajar.

    Makasih pencerahannya.

    BalasHapus

Posting Komentar