Latihan Tendon Gliding

Latihan tendon gliding sering diresepkan oleh fisioterapis untuk mengobati gejala carpal tunnel syndrome (CTS). Cobalah latihan tendon gliding seperti di bawah ini untuk membantu mengurangi rasa sakit dan kesemutan di telapak tangan dan jari-jari terkait dengan carpal tunnel syndrome. Anda juga dapat menggunakan latihan ini untuk membantu mencegah carpal tunnel syndrome.

Pastikan anda telah mendapatkan rekomendasi dari dokter atau fisioterapis untuk melakukan latihan ini. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala carpal tunnel syndrome (CTS) yang berat atau telah berlangsung selama lebih dari empat minggu.

Cara Melakukan Latihan Tendon Gliding

Baiklah, silakan ikuti langkah-langkah latihan tendon gliding berikut ini untung mengurangi gejala carpal tunnel syndrome:

latihan tendon gliding, mengobati cts, tanda-tanda cts,
Posisi awal: Mulailah dengan tangan membuka telapak tangan Anda, seperti Anda memberitahu seseorang untuk berhenti
latihan tendon gliding, mengobati cts, tanda-tanda cts,
Tekuklah jari-jari Anda ke bawah dengan perlahan sampai  ujung jari Anda menyentuh sendi  di dasar jari-jari Anda. Tahan posisi ini selama 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi awal.
latihan tendon gliding, mengobati cts, tanda-tanda cts,
Dari posisi awal, perlahan-lahan kepalkan tangan dan meremas lembut. Tahan selama 2-3 detik, lalu kembali ke posisi awal.
latihan tendon gliding, mengobati cts, tanda-tanda cts,
Selanjutnya, perlahan-lahan tekuk jari Anda ke depan, namun jaga ruas jari tetap lurus. Posisi seperti huruf "L." Tahan posisi ini selama 2-3 detik,  kemudian kembali ke posisi awal.
latihan tendon gliding, mengobati cts, tanda-tanda cts,
Terakhir, tekuk jari-jari Anda namun sendi paling ujung harus tetap lurus. Ujung jari Anda harus beristirahat dengan lembut pada telapak tangan Anda. Tahan posisi ini selama 2-3 detik, dan kembali ke posisi awal.

Dosis Latihan Tendon Gliding

Ulangi rangkaian latihan tendon gliding ini sebanyak lima kali, tiga kali per hari untuk membantu meringankan gejala carpal tunnel syndrome (CTS) dan untuk membantu mencegah carpal tunnel syndrome (CTS). Untuk mendapatkan dosis yang tepat untuk kondisi Anda silakan menghunbungi fisioterapis.

Video Latihan Tendon Gliding

Untuk memperjelas langkah-langkah latihan tendon gliding, silakan lihat "video latihan tendon gliding"