Tips Memilih Tas Sekolah

memilih tas ransel



Liburan hampir usai, beberapa hari lagi putra-putri Anda sudah harus kembali bersekolah ; menanta buku, mengenakan seragam dan menggendong tas sekolah. Berbicara soal tas sekolah ada baiknya Anda memperhatikan bagaimana tas sekolah putra-putri Anda, sebab pemilihan tas sekolah dan cara menggendong tas yang tidak tepat dapat mempengaruhi kesehatan badan.

Sarah Wong, Kepala Fisioterapi Pediatric di Kids Focus Physiotherapy mengatakan ada beberapa tanda peringatan yang menunjukkan bahwa anak tidak membawa tas sekolah yang tepat, antara lain :
  • Postur tubuh yang buruk (leher cenderung ke depan) saat menggunakannya dan setelahnya, 
  • Mengeluh sakit punggung, 
  • Nyeri leher dan nyeri bahu 
  • Kesemutan atau mati rasa di lengan. 
Coba perhatikan dan tanyakan pada putra-putri Anda, apakah mereka mengalami hal-hal seperti diatas? Ini tanda bahwa tas yang digunakan anak Anda tidak ideal.


Pilih Mana :  Tas Punggung atau Tas Selempang ?

Tas punggung atau tas ransel lebih baik dibanding tas selempang karena mendistribusikan berat tas yang seimbang di kedua sisi tubuh. Tas selempang menempatkan berat hanya pada salah satu sisi pundak. Gunakan tas selempang hanya jika tas itu cukup ringan sehingga penggunanya tidak tegang.

Tas ransel dirancang untuk mendistribusikan berat beban di antara beberapa otot terkuat dalam tubuh.

Namun demikian, meskipun tas ransel lebih direkomendasikan dibanding dengan tas selempang, Consumer Product Safety Commission melaporkan lebih dari 24.000 warga AS dirawat di rumah sakit akibat cedera karena salah dalam penggunaan tas ransel. Dari jumlah tersebut, lebih dari 9.500 pasien berusia 5 hingga 18 tahun.

Tips Menggunakan Tas Punggung

Jika putra-putri Anda menggunakan tas ransel untuk bersekolah, ada baiknya Anda perhatikan tips berikut agar punggungnya tetap sehat dan terhindar dari cedera.
  1. Anak-anak sebaiknya tidak membawa beban lebih dari 15-20% dari berat badan mereka sendiri. Saat sedang mengepak barang yang akan dibawa, pilihlah dengan cermat mana benda yang harus dibawa. Sebaiknya tidak membawa barang yang tidak terlalu penting karena akan hanya menambah beban di tas ransel itu sendiri.
  2. Tempatkan benda yang memiliki berat lebih di bagian bawah.
  3. Belilah ransel yang ukurannya memang sesuai dengan ukuran tubuh anaknya. Pilih tali yang empuk tidaknya lebarnya 5 sentimeter sehingga berat badan bisa didistribusikan ke daerah yang lebih luas. Tali yang terlalu tipis dan sempit bisa mempengaruhi sirkulasi darah. Hal ini bisa menyebabkan mati rasa dan kelemahan pada tangan. Gunakan kedua tali bahu pada ransel dan sesuaikan panjang tali untuk menjaga beban tetap seimbang di bagian belakang.
  4. Saat akan mengangkat tas ransel, perhatikan juga di bagian mana tubuh bertumpu. Sebaiknya tumpuan berada di lutut.

Jika putra-putri Anda sering mengeluhkan adanya kondisi mati rasa atau kesemutan di lengan dan kaki, maka bisa jadi itu diakibatkan oleh tas yang kurang cocok. Bisa juga karena beban yang dibawa oleh anak terlalu banyak.
BERIKAN KOMENTAR ()