Latest

latest

Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dengan obat-obatan,fisioterapi dan operasi.
/ by Wahyu Physio

Berbagai upaya penyembuhan untuk kondisi carpal tunnel syndrome antara lain dengan , obat-obatan, fisioterapi dan opersai. Pada artikel ini kita akan membahas :
  1. Pengobatan CTS
  2. Fisioterapi pada CTS
  3. Operasi CTS
  4. Fisioterapi paska operasi CTS

Carpal tunnel syndrome ringan biasanya dapat diobati dan dicegah agar tidak berlanjut menjadi lebih parah. Semakin dini pengobatan maka kemungkinan untuk mencegah kerusakan saraf juga semakin tinggi.

Beberapa hal ini dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi gejala carpal tunnel syndrome :
  1. Hentikan aktifitas yang menyebabkan kesemutan pada telapak tangan dan jari-jari. Istirahatkan pergelangan tangan Anda selama 5 menit setiap 30 menit saat melakuan aktifitas yang menimbulkan gejala.
  2. Kompres dingin pergelangan tangan Anda selama 10 sampai 15 menit, sebanyak 1 atau 2 kali dalam periode satu jam.
  3. Lakukan beberapa latihan peregangan pergelangan tangan dan tangan.
Jika gejala-gejala carpal tunnel syndrome tidak membaik setelah 1 sampai 2 minggu. Obat-obatan seperti NSAID (Non Steroid Anti Inflamatory Drugs) atau suntukan korstikosteroid mungkin diperlukan untuk mengobati carpal tunnel syndrome atau masalah kesehatan lain yang menyebabkan sindrom ini.

Fisioterapi Carpal Tunnel Syndrome

Fisioterapi Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Treatmen fisioterapi cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit dan kesemutan pada telapak tangan dan jari-jari serta mengembalikan fungsi tubuh secara normal. Oleh karena itu, diperlukan keterangan dan infromasi yang detail terkait gejala yang dialami pasien. Program fisioterapi meliputi:
  1. Memperbaiki postur leher dan punggung
  2. Latihan gerak untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot tangan, jari, dan lengan bawah.
  3. Manual terapi seperti massase, dan MLDV
  4. Penggunaan modalitas seperti ultrasound atau TENS
  5. Penggunaan rest splint di malam hari atau saat beraktifitas
  6. Melakukan observasi area kerja

Operasi Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Program fisioterapi diatas dimaksudkan agar penyembuhan bisa dilakukan tanpa operasi. Namun jika carpal tunnel syndrome (CTS) sudah sampai tingkatan yang parah, diperlukan operasi untuk melepaskan ligament transversus yang menyebabkan tekanan pada syaraf median.

Fisioterapi Paska Operasi Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Paska operasi, diperlukan treatment fisioterapi untuk mengembalikan kekuatan pergelangan tangan agar menyesuaikannya dengan kegiatan sehari – hari. Adapun fisioterapi yang dilakukan meliputi:
  1. Latihan penguatan otot pergelangan tangan
  2. Managemen paska luka agar tangan lebih fleksibel
  3. Advis mengenai postur dan posisi tangan yang tepat agar pasien kembali melakukan aktifitas sehari-hari dan pekerjaan normal secara bertahap
  4. Simulasi di area kerja

Semoga tulisan saya kali ini dapat membantu Anda memahami gejala kesemutan pada telapak tangan dan jari-jari yang bisa jadi diakibatkan oleh karena carpal tunnel syndrome.

Tidak ada komentar

Posting Komentar