Physiopedia; Gagasan Fisioterapis Yang Medunia

Setiap fisisoterapis atau mahasiswa fisioterapi pasti mengenal Physiopedia situs informasi fisioterapi (wikipedia untuk profesi) terbesar di dunia yang menarik lebih dari satu juta kunjungan dari lebih 200 negara per bulan. Beberapa kelebihan desain baru Physiopedia antara lain :

desain baru physiopedia

Setiap fisisoterapis atau mahasiswa fisioterapi pasti mengenal Physiopedia situs informasi fisioterapi (wikipedia untuk profesi fisioterapi) terbesar di dunia yang menarik lebih dari satu juta kunjungan dari lebih 200 negara per bulan. Selain PEDro saya selalu mengandalkan Physiopedia sebagai sumber ilmiah dan refferensi pemecahan masalah klinis dalam praktik sehari-hari.

Sebagai fisioterapis yang mempunyai ketertarikan dengan dunia digital, saya termasuk pengagum situs ini dan terus mengamati perkembangannya.

Sejarah Physiopedia dimulai pada tahun 2007, dimana komunitas e-learning pada tergila-gila dengan situs wiki hinga pada konferensi e-learning Rachael Lowe seorang fisioterapis pekerja e-learning terinspirasi untuk membangun Wikipedia untuk profesi fisioterapi.

Tidakkah lebih bagus lagi jika semua ahli fisioterapi di seluruh dunia senantiasa menciptakan dan memperbarui konten untuk membangun satu buku teks online yang terus berkembang untuk profesi kita.

Pada tahun 2008 tanpa rencana tertentu Rachael dan rekannya Tony Lowe seorang e-learning developer mulai menggarap gagasan ini sebagai proyek sampingan kecil disamping pekerjaan e-learning yang mereka lakukan bersama.

Pada bulan Januari 2009 proyek ini diluncurkan secara diam-diam hanya dengan tiga halaman konten yang ditulis sendiri oleh Rachael. Ternyata proyek tersebut mendapat sambutan luas dari kominitas pendidikan fisioterapi di dunia, tak lama kemudian universitas di seluruh dunia melibatkan siswa mereka untuk berkontribusi mengembangkan konten dalam situs tersebut.

Saat ini fisioterapis dari seluruh dunia mengambil bagian dalam membangun sumber daya ini. Physiopedia mulai membuktikan dirinya sebagai sumber berharga bagi profesi fisioterapi di dunia.

Kami telah membuktikan bahwa Physiopedia adalah sumber yang dihargai oleh profesi kami sehingga kami mengundang anggota profesi ini untuk membantu kami menjadikannya proyek yang berkelanjutan untuk masa depan.

Sebagai situs besar, Physiopedia terus berbenah. Pada 8 Juli 2017 lalu Physiopedia melaunching desain baru nya dengan platform media wiki terbaru yang juga digunakan oleh situs Wikipedia.  Jika terakhir kali Anda mengakses Physiopedia sebelum 8 Juli 2017 ada baiknya Anda kunjungi sekarang untuk menikmati desain barunya yang lebih atraktif  besutan Hallowelt (Mediawiki specialists) and Rorie McIntosh (graphic designer).

tampilan baru physiopedia

Selain lebih bersih dan lebih atraktif desain baru situs ini dirancang untuk bisa akses dengan baik dari perangkat telepon pintar dan gawai, dimana hampir 50% pengunjung situs ini menggunakan perangkat mobile. Beberapa kelebihan desain baru Physiopedia antara lain :

1. Kompatibel dengan perangkat berlayar kecil
2. Menggunakan mediawiki visual editor baru dengan fasilitas penyuntingan laman.
3. Muat laman yang lebih cepat dan keamana situas yang ditingkatkan
4. Tata letak lebih fokus pada konten sehingga mudah dibaca
5. Desain modern, bersih dan atraktif
6. Halaman beranda mempromosikan keunggulan dan pentingnya profeasi.

Luar biasa! Dari gagasan seorang Rachael, Physiopedia  kini telah menjadi milik fisisoterapi dunia, termasuk saya dan Anda.