Lakukan Senam Nifas, Paska Melahirkan

Senam nifas ringan namun manfaatnya sangat menakjubkan. Kali ini saya akan membagikan tutorial cara melakukan senam nifas dalam bentuk booklet yang bisa anda unduh " disini "

senam nifas, manfaat senam nifas, cara melakukan senam nifas

Usai melahirkan, mungkin Anda merasa malas untuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik dengan lelah akibat mengurus bayi atau kondisi tubuh pasca melahirkan yang membuat Anda malas bergerak. Tahukan Anda bahwa menggerakkan tubuh seperti melakukan senam nifas, memiliki banyak manfaat untuk kondisi usai persalinan? Senam pasca melahirkan sama pentingnya dengan senam hamil yang Anda lakukan sebelum persalinan.

Kapan Saatnya Melakukan Senam Nifas ?

Jika Anda melahirkan secara normal, Anda sudah bisa melakukan senam nifas dengan aman sejak beberapa hari setelah melahirkan. Dua hari setelah melahirkan normal, Anda bisa bangun dari tempat tidur untuk berjalan-jalan dan melakukan senam nifas.

Jika Anda melahirkan melalui operasi caesar, pastikan luka jahitan di perut Anda sudah pulih. Biasanya, luka jahitan tersebut akan pulih sekitar enam hingga delapan minggu atau sampai Anda mendapat persetujuan dari dokter, bidan atau fisioterapis Anda.

Manfaat Melakukan Senam Nifas

Senam nifas ringan namun manfaatnya  sangat menakjubkan. Gerakan-gerakannya yang sederhana membuat tubuh Anda cepat pulih setelah proses persalinan. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam nifas :
  • Meningkatkan energi dan stamina, menjaga  kebugaran  dan rasa percaya diri ibu setelah melahirkan
  • Mengurangi rasa pegal-pegal dan mencegah nyeri pinggang
  • Merangsang pengeluaran hormon endorphin yang bisa membuat rasa nyaman.
  • Menurunkan stress usai melahirkan dan memperbaiki kualitas tidur agar lebih nyenyak.
  • Membantu menurunkan berat badan dan mengembalikan bentuk tubuh dengan cepat.
  • Membantu memperbaiki inkontinensia urine, kondisi yang membuat ibu paska melahirkan sulit untuk menahan buang air kecil.
  • Memulihkan otot dasar panggul, mengencangkan vagina, mengembalikan kekuatan dan elastisitas organ seksual.

Bagaimana Cara Melakukan Senam Nifas ?

Banyak tutorial dalam bentuk leaflet, brosur cetak maupun video cara melakukan senam nifas. Kali ini saya akan membagikan tutorial cara melakukan senam nifas dalam bentuk booklet yang bisa anda unduh " disini " . Agar senam yang Anda lakukan bermanfaat optimal, patuhi aturan mainnya, setidaknya dari jenis persalinan yang Anda jalani. Jika Anda mempunyai kesulitan melakukan senam nifas, konsultasikan dengan fisioterapis Anda.



Sumber gambar : http://hayatimagazine.com/living/fitness/be-fit-for-ramadan/

Komentar