Tips Sehat Mudik Lebaran

Hendak mudik Lebaran ? Siapkan fisik untuk menempuh perjalanan jauh. Stamina prima wajib dimiliki para pengendara, kita tau kantuk adalah musuh utamanya, selain lelah, pegal, dan bosan. Kondisi tubuh yang terus dipompa, dari menyelesaikan pekerjaan secepatnya sampai harus menyetir, membuat lelah dan mengakibatkan munculnya rasa kantuk di jalan.


Hendak mudik Lebaran ? Siapkan fisik untuk menempuh perjalanan jauh. Stamina prima wajib dimiliki para pengendara, kita tau kantuk adalah musuh utamanya, selain lelah, pegal, dan bosan. Kondisi tubuh yang terus dipompa, dari menyelesaikan pekerjaan secepatnya sampai harus menyetir, membuat lelah dan mengakibatkan munculnya rasa kantuk di jalan. Padahal Anda harus mempersiapkan diri untuk kondisi yang tak menentu, semisal macet, cuaca buruk, dan ban bocor.

Tanda-tanda tubuh sudah lelah dan mengantuk adalah menguap berulang kali, pikiran melayang, dan pandangan kian sulit fokus pada kondisi jalan di depan.

Petugas kepolisian, ahli kesehatan dan pakar ototmotif dapat dijadikan rujukan bagaimana menjaa stamina saat perjalanan jauh.

Berikut ini tips dari agar perjalanan mudik Anda tetap aman, sehat, dan selamat:

  1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik. Beberapa ahli memyarankan untuk tidur cukup, paling sedikit tujuh jam sebelum berangkat mudik.
  2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan.
  3. Tidak minum obat-obatan yang menyebabkan kantuk atau minuman keras sebelum dan selama mengemudi. Jika saat ini Anda menkonsumsi obat, kosultasikan dengan dokter atau apoteker apakah obat tersebut dapat mengakibatkan kantuk.
  4. Mengemudilah saat kondisi benar-benar terjaga, sehingga tubuh dalam kewaspadaan penuh. Jangan paksakan mengemudi bila lelah dan mengantuk. Gantian mengemudi jika memungkinkan. Upayakan pergantian pengemudi dilakukan sebelum orang yang memegang setir mengantuk.  
  5. Untuk menghindari rasa lelah dan kantuk beristirahatlah tiap empat jam perjalanan, lakukan olahraga ringan dan penguluran leher lengan dan punggung.
  6. Apa pun cuaca di luar, panas atau dingin, sekali-kali bukalah jendela agar ada pertukaran udara di dalam mobil.
  7. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu, dan polusi.
  8.  Konsumsi makanan atau minuman yang bersih dan sehat. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan dan  jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.
  9. Buanglah sampah pada tempatnya. Persiapkan kantong plastik untuk mengumpulkan sampah sisa makanan atau minuman sebelum dibuang di tempat sampah.
  10. Tidak buang air kecil atau besar sembarangan. Gunakan toilet yang tersedia. 
  11. Sebaiknya Anda membawa obat-obatan darurat seperti obat anti nyeri dan penurun panas, obat anti diare, atau obat maag. Bila merasa sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat yang tersebar di jalur mudik Lebaran

Tips Fisioterapi : Stretching Untuk Pengendara Jarak Jauh

Dalam laman facebooknya IKatan Fisioterapi Indonesia ( IFI ) memberikan tips penguluran / stretching bagi pengemudi jarak jauh, silakan mengikuti panduan berikut ini :