Pengobatan Osteoarthritis Sendi Lutut

Diagnosa osteoarthritis sendi lutut biasanya didasarkan gejala dan tanda fisik saat pemeriksaan. Pengobatan meliputi obat-obatan, suntikan steroid, suntikan hyaluron, operasi, latihan dan fisioterapi

Jika Anda merasa mempunyai gejala osteoarthritis (Sebagaimana artikel sebelumnya: Osteoarthritis Sendi Lutut) sebaiknya periksakan kepada dokter atau fisioterapis untuk mendapatkan diagnosa yang pasti. Ada banyak tipe arthritis dan penyebab nyeri lutut yang masing-masing penanganannya tentu berbeda-beda.

Bagaimana Cara Mendiagnosa Osteoarthritis?

Osteoarthritis biasanya didiagnosis berdasarkan gejala dan tanda-tanda fisik yang ditemukan saat pemeriksaan, antara lain :
  1. Nyeri dan kekakuan sendi
  2. Bunyi berderak saat sendi digerakkan
  3. Pembesaran tulang
  4. Cairan sendi yang berlebih
  5. Keterbatasan gerak sendi
  6. Instabilitas sendi
  7. Kelemahan dan pengecilan otot paha (quadreiceps)
Tidak ada pemeriksaan laboratorium khusus untuk mendiagnosa osteoarthritis, tapi mungkin dokter akan menganjurkan pemeriksaan darah untuk memastikan bahwa nyeri lutut yang bukan akibat dari penyakit lain.

Foto rontgen (x-ray) dilakukan untuk memeriksa sebarapa berat perubahan yang terjadi akibat osteoarthritis, meskipun kadangkala tidak dilakukan. Hasil foto rontgen dapat menunjukkan perubahan pada sendi seperti adanya pengapuran, penyempitan jarak antar keduaa tulang dan penipisan kartilago. Akan tetapi foto rontgen tidak bisa dijadikan indikator untuk menentukan derajat nyeri atau tingkat kecacatan penderita osteoarthritis. Beberapa orang merasakan nyeri tinggi hingga mengakibatkan gangguan beraktifitas namun gambaran foto rontgennya hanya menunnjukkan kerusakan ringan. Pada lain orang merasakan nyeri ringan padahal gambaran foto rontgennya menunjukkan kerusakan yang parah.

gambar mri oa lutut, gambaran oa lutut
Gambar MRI Osteoarthritis Sendi Lutut

Kadangkala MRI (magnetic resonance imaging) dapat membantu. MRI dapat menunjukkan gambaran jaringan lunak (seperti kartilago, tendon, dan otot) dan perubahan pada tulang yang tidak dapat dilihat dari foto rontegen.

Pengobatan Osteoarthritis

Menurut IRA (Indonesian Rheumatology Association) pengobatan osteoarthritis terutama ditujukan untuk mengurangi keluhan terkait osteoarthritis, yang terdidri dari 3 tahap sesuai tingkat keparahannya.
  • Tahap pertama: Terapi non farmakologi yang terdiri dari (edukasi, perawatan mandiri, penurunan berat badan, latihan gerak sendi dan penguatan otot, serta terapi okupasi)
  • Tahap kedua: Terapi farmakologi yang terdiri dari obat-obatan oral, suntikan kortikosteroid dan hyaluron.
  • Tahap ketiga: Terapi pembedahan

Obat-obatan

Non-steroidal anti-infl ammatory drugs (NSAID)
Jika inflamsi (peradangan) pada sendi mengakibatkan nyeri dan kekakuan, pengunaan tablet NSAID seperti ibuprofen atau naproxen mungkin bisa membantu. Sebegaimana obat-obatan yang lain , NSAID juga mempunyai efek samping , namun dokter Anda akan memberikan peringatan untuk mengurangi efek samping penggunaan obat tersebut. Biasanya dokter akan meresepkan dosis terendah untuk penggunaan obat tersebut.
obat osteoarthritis sendi lutut, obat pengapuran sendi lutut, obat radang sendi lutut
Gambar Obat Anti Nyeri

NSAID dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti iritasi lambung, oleh karena itu dalam banyak kasus penggunaannya dibarengi dengan obat yang dinamakan proton pump inhibitor (PPI), dimana akan membantu memproteksi lambung Anda.

NSAID dapat mingkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Meskipun peningkatan resiko kedua penyakit tersebut hanya kecil , dokter Anda tetap akan berhati-hati dalam memberikan NSAID apabila anda juga mempunyai faktor resiko lain seperti merokok, gangguan sirkulasi, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi atau diabetes. Bila anda mempunyai faktor resiko stroke seperti diatas, sebaiknya katakan kepada dokter Anda.

Obat Anti Nyeri Yang Mengandung Opioid
Jika Anda merasa nyeri sangat dan pengobatan lain tak memberikan pengurangan, dokter Anda mungkin merekomendasikan obat anti nyeri yang lebih kuat atau opiat (morfin) seperti tramadol,nefopam atau meptazinol. Anti nyeri yang lebih kuat mempunyai efek samping seperti nausea, pusing dan confusion- oleh karena itu Anda harus kontrol secara rutin dan melaporkan kepada dokter Anda efek dari penggunaan obat tersebut.

Suplemen Glucosamin
Glucosamine adalah senyawa kimia organik yang terdapat dalam tubuh. Sebagai suplemen, glucosamine digunakan untuk menghilangkan atau meringankan rasa sakit pada sendi yang disebabkan oleh arthritis.

Suntikan Steroid

Suntikan steroid dilakukan secara langsung pada sendi lutut yang terkena osteoarthritis. Efek dari suntikan steroid pada sendi lutut dapat berlangsung beberapa minggu hingga bulan. Suntikan steroid dilakukan terutama bila lutut yang terkena osteoarthritis terasa sangat nyeri dan bengkak.

Suntikan steroid juga bisa menjadi pilihan untuk membantu pasien menjalani kegiatan-kegiatan penting seperti pesta perkawinan atau ibadah umroh atau haji. Akan tetapi penting untuk diingat bahwa suntikan steroid tidak dapat diberikan secara rutin secara terus menerus. Bila Anda membutuhkan suntukan steroid berulang, mungkin Anda sudah indikasi untuk melakukan operasi pergantian sendi lutut (knee replacement).

Suntikan Cairan Pelumas Sendi

Bila suntikan steroid tidak bekerja, beberapa dokter memberikan suntikan cairan pelumas sendi ( hyaluronic acid).


Operasai Ganti Sendi Lutut

Operasi direkomendasikan jika Anda mengalami nyeri yang hebat dan mengalami masalah mobilitas. Ada ribuan operasi pergantian sendi lutut (knee replacement) yang dilakukan tiap tahunnya. Operasi ganti sendi dapat mengatasi keluhan nyeri lutut dengan baik saat pengobatan lain sudah tidak dapat menolong lagi.

Selain operasi ganti sendi ada juga operasi untuk membersihkan prtumbungan tulang (spurs) dan jaringan lain yang mengganggu sendi lutut. Prosedur ini dilakukan hanya apabila lutut Anda terkunci.


Terapi Latihan

Terapi latihan (therapeutic exercise) menjadi bagian dari pengobatan Osteoarthritis sendi lutut. Terapi latihan menunjukkan efektifitasnya untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan fungsional penderita osteoarthritis sendi lutut sebagaimana direkomendasikan oleh American College of Rhematology dalam panduan klinis pengobatan osteoarthritis sendi lutut yang dirilis oleh organisasi tersebut.

Olahraga secara teratur merupakan cara efektif dan murah untuk mengatasi gejala osteoarthritis. Jikalau keluhan semakin buruk setelah aktifitas fisik , ini bukan berarti anda harus menghentikan olahraga, namun anda membutuhkan nasehat dari tenaga kesehatan profesional. Jika Anda membutuhkan program latihan yang sesui dengan kondisi fisik anda saat ini, silakan mengunjungi fisioterapi.


Fisioterapi

Fisioterapi merupakan bagian penting dari pengobatan osteoarthritis. Fisioterapi dapat membantu penderita osteoarthritis bergerak dan menumbuhkan kepercayaan diri untuk beraktifitas. Ada banyak manfaat dari fisioterapi untuk penderita osteoarthritis sendi lutut, antara lain terapi latihan (exercise) yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu penderita. Fisioterapis juga dapat memberikan saran untuk meningkatkan aktifitas dan membantu mengurangi keluhan nyeri dengan beberapa modalitas terapi.

Fisioterapis berperan untuk meningkatkan kebugaran dan kekuatan otot, mengelola nyeri dan mengembalikan fungsi bagian tubuh yang terkena osteoarthritis. Fisioterapi merupakan profesi kesehatan yang dapat membantu anda untuk menjaga Anda dan meningkatkan untuk tetap aktif dan mandiri baik di rumah maupun di lingkungan kerja. Fisioterapis ahli dalam memeriksa gerakan tubuh (biomekanika) dan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana cara melindungi sendi lutut Anda.

Perawatan Pribadi
Perawatan pribadi penderita osteoarthritis sendi lutut memegang peranan penting dalam mengatasi keluhan sehari-hari , baca artikel : Masih Banyak Cara Untuk Mengatasi Keluhan Osteoarthritis Sendi Lutut

Komentar

  1. Mas wahyu, mau konsul ya. Ini ada px nenek usia sekitar 70 tahunan. Ada keluhan nyeri lutut. Menurut hasil ro ada ossifican. Sebaiknya diberikan apa, karena saat di mobilisasi pasif untuk menambah RoMnya malah menambah kaku dan nyeri keesokan harinya. Apa tindakan yang semestinya kita lakukkan. Terimakasih. Maaf nama saya Deni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Deni,bisa inbox atau via WhatsApp saja OK!

      Hapus

Posting Komentar