Apa Penyabab Nyeri Pantat ?

Secara umum nyeri pantat kanan atau kiri yang disertai atau tanpa disertai penjalaran pada tungkai dapat diakibatkan oleh kerusakan pada :

Nyeri pantat merupakan kondisi yang kerap membingungkan penderitanya dan praktisi kesehatan yang menanganinya. Anda tengah atau pernah mengalaminya? 

Nyeri pantat sebelah kanan atau sebeleh kiri yang diikuti dengan penjalaran nyeri ke tungkai sering ditemui oleh fisioterapis atau dokter di tempat praktek mereka. Pada beberapa orang juga disertai dengan timbulnya rasa kesemutan atau rasa tebal pada daerah kaki. Oleh beberapa pakar nyeri pantat digolongkan dalam kelompok nyeri pinggang bawah atau low back pain (LBP).


Bila Anda mengunjungi fisioterapis atau dokter, mereka akan berusaha mencari penyebab nyeri pantat yang Anda alami melalui wawancara dan serangkaian tes fisik. Bila diperlukan mereka akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti x-ray atau MRI (magnetic resonance imaging)

Penyebab Nyeri Pantat

Secara umum nyeri pantat yang disertai atau tanpa disertai penjalaran pada tungkai dapat diakibatkan oleh kerusakan pada :

1. Struktur daerah pantat. Pantat tersusun oleh beberapa otot-otot besar, namun jauh di dalam pantat terdapat otot kecil yang kerap mengakibatkan nyeri pantat , namanya otot piriformis. Otot ini berdekatan dengan saraf ischiadicus, saraf panjang yang berjalan dari tulang belakang bagian pinggang menuju tungkai. Ketegangan, dan peradangan pada otot piriformis tak hanya mengakibatkan nyeri pada daerah pantat namun dapat mengakibatkan penjepitan pada saraf ischiadikus yang mengakibatkan nyeri menjalar ke paha belakang, betis hingga kaki, kadang juga disertai dengan keluhan kesemutan atau rasa tebal. Keadaan ini dinamakan dengan piriformis syndrome atau sindroma piriformis

2. Struktur tulang belakang bagian pinggang. Tulang belakang merupakan tempat keluarnya saraf-saraf menuju tungkai, kadangkala saraf yang berjalan menuju tungkai mengalami penjepitan di daerah pinggang. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh hernia nucleus pulposus (HNP) yaitu penjepitan saraf karena oleh tonjolan pada bantalan tulang belakang yang mengalami kerusakan. Kerusakan pada bantalan antar ruas tulang belakang (discus interbetebralis) area lumbal kerap mengakibatkan keluhan nyeri pada daerah pantat dan sepanjang tungkai. 

Memang tidak mudah mendiagnosa dan mencari penyebab dari nyeri pantat yang Anda alami. Namun, melalui pemeriksaan yang cermat fisioterapis atau dokter dapat menentukan struktur manakah yang mengakibatkan nyeri pada pantat. Sebagai pasien Anda bisa mempermudah fisioterapis atau dokter Anda dalam menentukan penyebab nyeri pantat dengan menerangkan secara jelas hal-hal apa saja yang Anda rasakan, seperti: 
  • Kapan dimulainya nyeri pantat?
  • Apakah semakin parah atau semakin membaik?
  • Apakah diiringi dengan rasa kesemutan/ tebal atau nyeri yang menjalar?
  • Apakah didahului dengan trauma?
  • Gerakan atau aktifitas apa saja yang meringankan keluhan?
  • Gerakan atau aktifitas apa saja yang memperparah keluhan?
  • Apakah pernah mengalami keadaan serupa?

Pengobatan Nyeri Pantat

Mengunjungi fisioterapis atau dokter dapat membantu anda menentukan kerusakan mana yang mengakibatkan keluhann nyeri pantat dan bagaimana cara penanganannya. Dokter biasanya akan memberikan resep obat nyeri pantat berupa obat anti nyeri dan relaksan otot. Biasanya dokter juga merujuk Anda ke fisioterapi, atau jika tidak anda bisa meminta dirujuk ke fisioterapis. 

Fisioterapis dapat membantu anda merilekken otot piriformis yang mengalami ketegangan dengan teknik stretching dan massage, juga latihan stabilisasi otot penegak tulang belakang. Fisioterapis juga bisa memberikan saran aktifitas atau gerakan sebaiknya anda hindari dan aktifitas yang sebaiknya Anda lakukan. Penggunaan alat bantu seperti korset lumbal mungkin diresepkan untuk kondisi tulang tulang belakang yang unstable.
http://korsetlumbal.weebly.com/

Komentar

  1. penggunaan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membatu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

    BalasHapus

Posting Komentar