20 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Sehari

Simak 20 manfaat jalan kaki selama 30 menit sehari dalam artikel ini. Apa saja manfaat olahraga murah dan mudah ini?

Jalan kaki bukan hanya merupakan olahraga yang murah dan ringan, namun juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Jalan kaki bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Jika Anda tengah mencari-cari jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan sehari - hari, mungkin jalan kaki adalah pilihan yang tepat. Anda bisa memulai kapan saja tanpa harus mempersiapkan peralatan atau tempat khusus untuk melakukannya.

Beberapa sumber ilmiah merekomendasikan jalan kaki selama 30 menit dalam sehari. Saran saya, jika sebelumnya Anda tidak pernah melakukannya, sebaiknya mulailah berjalan kaki  selama 10 hingga 15 menit dahulu dalam sehari sebagai awalan, setelah itu tingkatkan durasinya secara bertahap.

Jika Anda berjalan kaki secara rutin sesuai anjuran, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat seperti :
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Membantu menjaga berat badan
  • Menurunkan stress
  • Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
  • Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan
  • Mencegah dibetes dan kanker
Dan masih banyak lagi manfaat jalan kaki yang selanjutnya bisa Anda baca dalam infografis di bawah ini:

manfaat jalan kaki untuk kesehatan
Infografis: 20 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Sehari

Mengingat begitu banyak manfaat jalan kaki, maka jangan malas atau takut lelah untuk melakukan olahraga jalan kaki. Meskipun Anda mengalami masalah dengan lutut atau kaki Anda, jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga, karena Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan dengan durasi pendek. Namun, jika Anda ragu dengan kondisi kesehatan Anda konsultasikan dengan fisioterapis Anda sebelum memulai melakukan olahraga jalan kaki.

Komentar