Latest

latest

Pantat Merasa Nyeri? Mungkin Anda Terkena Sindrom Piriformis

Nyeri pantat? Mungkin Anda Terkena Sindrom PiriformisApa itu Sindroma Piriformis? Sindrom Piriformis adalah kondisi di mana otot Piriformis Anda menegang, sebagiannya bahkan mengiritasi saraf sciatic.
/ by Wahyu Physio
Nyeri pantat? Mungkin Anda  Terkena Sindrom PiriformisApa itu Sindroma Piriformis? Sindrom Piriformis adalah kondisi di mana otot Piriformis Anda menegang, sebagiannya bahkan mengiritasi saraf sciatic.

Ciri-Ciri dan Penyebab

Di antara tanda-tanda khas sindrom ini adalah timbulnya rasa nyeri atau kesemutan, rasa baal di daerah pantat, terus menjalar ke sepanjang paha bagian belakang, betis, dan kaki. Sehingga, rasa nyerinya akan bertambah saat Anda menaiki tangga, menanjak, berlari, dan duduk lama. Keluhannya akan berkurang atau mereda bila Anda berbaring.

Untuk mempermudah pemahaman Anda mengenai struktur pada daerah pantat dan bagaimana proses terjadinya sindroma Piriformis, perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini: Penyebab dari sindrom ini masih belum diketahui dengan pasti. Tapi, ada kemungkinan satu atau kombinasi dari beberapa hal berikut ditengarai sebagai pemicunya.
      1. Ketegangan pada otot Piriformis, bisa juga karena iritasi pada otot Piriformis atau jaringan sekitar otot Piriformis seperti sendi sacroiliaca atau sendi panggul
      2. Peradangan atau pembengkakan pada otot Piriformis akibat cedera atau ketegangan
      3. Pendarahan di area otot Piriformis

Analisis dan Pengobatan

Mengunjungi dokter atau fisioterapis dapat membantu Anda dalam mencari penyebab terjadinya nyeri pantat. Memang tidak mudah mendiagnosis sindrom Piriformis. Keluhan ini bisa pula diakibatkan karena masalah tulang belakang bagian lumbal, seperti hernia nucleus pulposus atau disfungsi sendi sacroiliaca.

Bantu fisioterapis atau dokter Anda dengan menyampaikan gejala nyeri pantat secara jelas, sehingga diagnosis dan pengobatannya dapat ditentukan. Apa saja yang harus disampaikan?
        1. · Posisi atau aktivitas yang membuat keluhan bertambah berat
        2. · Posisi atau aktivitas yang meringankan keluhan
        3. · Sudah berapa lama keluhan nyeri pantat Anda alami?
        4. · Apakah nyerinya terjadi secara tiba-tiba usai cedera atau terasa sedikit demi sedikit?
        5. · Pengobatan apa saja yang sudah Anda terima atau lakukan?
        Dalam proses pengobatan, dokter biasanya akan memberikan resep obat nyeri pantat berupa anti nyeri, anti inflamasi, relaksan otot, atau merujuk Anda ke fisioterapi untuk mengelola nyeri dan memperbaiki kinerja otot.

Sedangkan seorang fisioterapis menganalisis posisi yang menyebabkan terjadinya nyeri pantat, memeriksa gerakan pinggang dan tungkai, serta memeriksa kekuatan dan kelenturan otot.

Untuk membantu mempercepat kesembuhan, Anda juga bisa melakukan serangkaian latihan berikut.

Perlukah X-ray atau MRI?

X-ray atau pencitraan tulang belakang lain seperti MRI tidak dapat mendeteksi iritasi pada saraf sciatic dan otot Piriformis.

Meski begitu, hal ini dapat dilakukan untuk mengenyahkan kemungkinan penyebab lain dari nyeri pantat yang gejalanya mirip dengan sindrom Piriformis.[]
        Don't Miss