Rabu, 25 November 2015

Nyeri Siku Sebelah Sini, Ada Apa?

author photo
Meski tak sesering pinggang, lutut atau leher namun namun nyeri siku juga bisa terjadi. Beberapa hal dapat menyebabkan nyeri siku seperti cedera olahraga, atau overuse syndrome. Lokasi nyeri siku juga bermacam-macam bisa di lipatan siku, di samping atau di belekang siku. Di kinik – klinik fisioterapi banyak ditemui pasien yang datang dengan keluhan nyeri siku.

“Siku saya nyeri di sebelah sini, ada apa ya?” keluh seorang pasien saat mengunjungi fisioterapis sambil menunjuk sikunya.

Coba perhatikan gambar di bawah ini, barangkali Anda juga sedang mengalami nyeri siku di sebelah “sini”.

nyeri siku, sakit siku, tenis elbow
Nyeri Siku Sebelah 'sini'

Bila Anda mengalami nyeri di sisi luar siku (seperti gambar diatas) apalagi saat melakukan aktifitas seperti:
  • Mengangkat benda
  • Mengepal atau menggenggam objek, seperti raket tennis
  • Membuka pintu atau berjabat tangan
  • Mengangkat lengan atau pergelangan tangan

Mungkin anda mengalami suatu kondisi yang dalam terminologi medis disebut  tennis elbow. Tennis elbow merupakan kondisi nyeri siku yang paling sering menjadi alasan pasien mengunjungi dokter atau fisioterapis

Apakah Tennis Elbow itu?

Tennis elbow merupakan jenis tendinitis (peradangan pada tendon) yang menyebabkan nyeri pada siku dan lengan bawah. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot ke tulang. Pada tennis elbow tendon otot extensor carpi radialis terjadi mengalami peradangan.

gambar tenis elbow
Gambar Peradangan Pada Tendon

Meskipun namanya tennis elbow ( sikunya petenis ), namun siapapun termasuk Anda bisa saja mengalami kondisi ini. Kegiatan mencengkeram berulang, terutama jika menggunakan ibu jari dan dua jari pertama, dapat menyebabkan tennis elbow
Artikel Berikutnya Artikel Berikutnyat