Sinusitis (Infeksi Sinus)

Image by evening_tao on Freepik

Sinusitis adalah pembengkakan pada sinus, biasanya disebabkan oleh infeksi. Ini umum dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam 2 hingga 3 minggu. Tetapi obat-obatan dapat membantu jika butuh waktu lama untuk hilang.

Gejala sinusitis antara lain:

• rasa sakit, bengkak, dan nyeri di sekitar pipi, mata, atau dahi Anda
  • hidung tersumbat
  • indera penciuman berkurang
  • lendir hijau atau kuning dari hidung Anda
  • sakit kepala sinus
  • suhu tinggi
  • sakit gigi
  • bau mulut
  • Tanda-tanda sinusitis pada anak kecil mungkin juga termasuk lekas marah, kesulitan makan, dan bernapas melalui mulut mereka.

Bagaimana Anda bisa mengobati sinusitis sendiri?

Anda sering dapat mengobati sinusitis ringan tanpa menemui dokter umum dengan :

• banyak istirahat
  • minum banyak cairan
  • minum obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol atau ibuprofen (jangan berikan aspirin kepada anak di bawah 16 tahun)
  • menghindari pemicu alergi dan tidak merokok
  • membersihkan hidung Anda dengan larutan air garam untuk mengurangi hidung tersumbat
  • Jika suhu tubuh Anda tinggi atau Anda merasa tidak cukup sehat untuk melakukan aktivitas normal, cobalah untuk tetap berada di rumah dan hindari kontak dengan orang lain sampai Anda merasa lebih baik.

Seorang apoteker dapat membantu dengan sinusitis

Seorang apoteker dapat memberi tahu Anda tentang obat-obatan yang dapat membantu :

• semprotan hidung dekongestan atau tetes untuk membuka sumbatan hidung Anda (dekongestan tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak di bawah 6 tahun)
  • semprotan hidung air garam atau larutan untuk membilas bagian dalam hidung Anda
  • Anda dapat membeli semprotan hidung tanpa resep dokter, tetapi tidak boleh digunakan lebih dari 1 minggu.

Pengobatan sinusitis dari dokter umum

Jika Anda menderita sinusitis, dokter umum mungkin dapat merekomendasikan obat lain untuk membantu gejala Anda, seperti :

• semprotan atau tetes hidung steroid untuk mengurangi pembengkakan pada sinus Anda
  • antihistamin jika alergi menyebabkan gejala Anda
  • antibiotic jika infeksi bakteri menyebabkan gejala Anda dan Anda sangat tidak sehat atau berisiko mengalami komplikasi (tetapi antibiotik seringkali tidak diperlukan, karena sinusitis biasanya disebabkan oleh virus)
  • Anda mungkin perlu menggunakan semprotan atau tetes hidung steroid selama beberapa bulan. Mereka terkadang menyebabkan iritasi, sakit tenggorokan atau mimisan.

Dokter umum dapat merujuk Anda ke spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) jika, misalnya :

• masih menderita sinusitis setelah 3 bulan pengobatan terus terkena sinusitis
  • hanya memiliki gejala di 1 sisi wajah Anda
  • Merekomendasikan operasi dalam beberapa kasus.

Pembedahan untuk sinusitis

• Pembedahan untuk mengobati sinusitis kronis disebut bedah sinus endoskopi fungsional (FESS). FESS dilakukan di bawah anestesi umum (di mana Anda sedang tidur)
  • Menghilangkan beberapa jaringan yang tersumbat
  • Menggembungkan balon kecil di sinus yang tersumbat, lalu mengeluarkannya

NB : Anda harus dapat memiliki FESS dalam waktu 18 minggu setelah janji dengan dokter umum Anda.