Sakit Di Pangkal Ibu Jari Tangan Saat Menggerakkan Jempol Ke Atas, Bisa Jadi De De Quervain’s Syndrome

Seorang Ibu muda berusia 25 tahun datang ke fisioterapis dengan keluhan sakit pada pangkal ibu jari tangan. Pangkal jempol dekat pergelangan tangan agak bengkak, untuk mengangkat jempol atau menulis terasa nyeri __

Jari-jari tangan  merupakan anggota tubuh yang setiap hari kita gunakan untuk berbagai macam aktivitas sehari-hari. Jari jempol atau ibu jari merupakan jari yang kerap digunakan di hampir semua aktivitas yang melibatkan tangan dan jari-jari mulai dari memencet hidung, menyisir, menulis, mengenakan kancing baju, hingga menalikan tali sepatu. Gangguan pada gerakan ibu jari seperti nyeri, selain membuat rasa tidak nyaman tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Rasa nyeri pada pangkal ibu jari saat digerakkan biasanya disebabkan oleh keadaan yang disebut dengan de quervain’s syndrome. De Quervain’s syndrome adalah rasa sakit disertai pembengkakan di pangkal ibu jari dan pergelangan tangan karena peradangan pada selubung tendon yang terletak di pangkal ibu jari. Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang untuk membantu pergerakan tulang. Tendon ditutupi oleh lapisan jaringan lunak tipis yang licin, yang disebut sinovium. Lapisan ini memungkinkan tendon meluncur dengan mudah melalui terowongan yang disebut selubung tendon.

Dua dari tendon utama ke ibu jari (Abductor Pollicus Longus dan Extensor Pollicus Brevis) melewati terowongan yang terletak di sisi ibu jari pergelangan tangan yang menjaga tendon tetap di tempatnya. Pembengkakan tendon, dan selubung tendon, dapat menyebabkan nyeri dan nyeri tekan di sepanjang sisi ibu jari pergelangan tangan. Setiap pembengkakan pada tendon atau penebalan selubung, mengakibatkan peningkatan gesekan dan nyeri dengan gerakan ibu jari dan pergelangan tangan, terutama saat mengepalkan tangan, menjumput atau menggenggam sesuatu, atau saat memutar pergelangan tangan.

Tanda dan gejala De Quervain syndrome

Tanda dan gejala utama dari de quervain syndrome adalah nyeri pada pangkal ibu jari, berikut adalah tanda-tanda dan gejala de quervain syndrome :
  1. Rasa nyeri dan pembengkakan pada pergelangan tangan di dekat pangkal ibu jari.
  2. Rasa nyeri kadang menjalar ke atas hingga lengan bawah
  3. Nyeri dan bengkak mengakibatkan keterbatasan gerak, kesulitan melenturkan ibu jari dan rasa lemah pada ibu jari.
  4. Sensasi seperti "hentakan" saat menggerakkan ibu jari.
  5. Kesulitan mencubit atau menggenggam dengan ibu jari tangan.
  6. Rasa nyeri saat menggerakkan pergelangan tangan dari satu sisi ke sisi lain atau memutarnya.

Beberapa aktivitas seperti penggunaan tangan secara aktif dengan aktivitas, seperti menulis, membuka stoples, mengangkat bayi, memalu, menekan tombol klakson atau lampu sein sepedamotor dengan jempol. Beberapa aktivitas olahraga, aktivitas di tempat kerja atau di rumah yang melibatkan gerakan mencubit atau menggenggam dengan ibu jari, dapat memicu gejala nyeri, kaku, dan lemas.

Faktor Risiko De Quervain Syndrome

Beberapa orang lebih berpeluang mengalami de quervain syndrome. Berikut ini faktor resiko dari de quervain syndrome
  1. Terlalu sering menggunakan tangan.
  2. Penggunaan ibu jari yang berlebihan seperti menggunakan smartphone dan bermain game.
  3. Perempuan (perempuan 8 sampai 10 kali lebih berpeluang mengalami de quervain syndrome daripada laki-laki).
  4. Kehamilan.
  5. Menggunakan tangan atau lengan dalam posisi yang terasa canggung.
  6. Partisipasi dalam olahraga yang menekankan tangan dan pergelangan tangan, seperti golf dan tenis.
  7. Usia lebih dari 40 tahun.

Pemeriksaan

Bila kamu mengunjungi fisioterapis karena nyeri ibu jari yang mungkin disebabkan oleh de quervain syndrome, fisioterapis akan menanyakan bagaimana dan kapan pertama kali kamu mengalami gejala dan bagaimana rasanya saat ini. Lalu fisioterapis akan melakukan pemeriksaan, antara lain :
  • Pemeriksaan sensoris
  • Pemeriksaan fleksibilitas rentang gerak (ROM) ibu jari dan pergelangan tangan
  • Periksaan kekuatan otot-otot ibu jari dan genggaman

Untuk menentukan apakah kamu menderita tendinosis De Quervain atau tidak, fisioterapis akan melakukan tes Finkelstein dengan meletakkan ibu jari di telapak tanganmu, mengepalkan jari dengan menutup ibu jari, dan kemudian menekuk pergelangan tangan ke arah jari kelingking. Jika Anda memiliki tendinosis De Quervain, tes ini cukup menyakitkan, menyebabkan nyeri tendon di sisi ibu jari pergelangan tangan. Fisioterapis juga akan melakukan tes lain untuk mengidentifikasi kemungkinan keadaan yang mirip gejala De Quervain.

Fisioterapi Pada De Quervain Syndrome

Jika dari pemeriksaannya fisioterapis mengkonfirmasi bahwa kamu mengalami De Quervain, fisioterapis akan mengajak kamu berdiskusi untuk mengembangkan rencana pengobatan yang tepat untuk kondisimu saat ini, antara lain :

1. Pertama, fisioterapis akan meninjau dan mengevaluasi bagaimana kamu menggunakan tangan dan pergelangan tangan untuk aktivitas fungsional. Tinjauan akan mencakup aktivitas sehari-hari, pekerjaan, dan aktivitas olahraga yang biasa kamu lakukan. Fisioterapis akan membantumu mengidentifikasi aktivitas atau posisi tertentu yang dapat memicu de quervain. Fisioterapis akan menyarankan kamu bagaimana memodifikasi gerak dan aktivitasmu untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko masalah berulang di kemudian hari, termasuk bagaimana menghindari gerakan ibu jari dan/atau pergelangan tangan yang berulang, menghindari melenturkan ibu jari, dan sebisa mungkin menghindari menggerakkan tangan ke arah jari kelingking. Kamu juga harus menghindari gerakan tangan yang kuat, dan gerakan atau aktivitas apa pun yang meningkatkan rasa sakit.
  2. Splint pergelangan tangan mungkin disarankan oleh fisioterapis untuk memposisikan pergelangan tangan dan ibu jarimu untuk istirahat, dan untuk memberikan kompresi untuk membantu rasa sakit dan pembengkakan. Fisioterapis akan membantu memilihkan splint yang tepat dan cara penggunaannya.
  3. Terapi ultrasound dilakukan untuk mengurangi rasa sakit. Ultrasound menggunakan gelombang suara ultrasonik untuk meningkatkan sirkulasi, mengurangi pembengkakan, dan membantu penyembuhan jaringan dan tendon yang mengalami peradangan.
  4. Iontophoresis adalah pilihan lain untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Iontophoresis adalah jenis stimulasi listrik yang digunakan untuk memberikan obat ke jaringan melalui kulit .
  5. Kompres es atau kompres hangat mungkin direkomendasikan untuk menghilangkan rasa sakit jangka pendek. Fisioterapis akan memberi tahumu mana (kompres es atau kompres hangat) yang terbaik untuk kondisimu saat ini.
  6. Latihan / exercise diresepkan untuk meningkatkan jangkauan gerak dan mencegah kekakuan. Di awal-awal keluhan, gerakan dan latihan memang dibatasi untuk menghindari perburukan kondisi. Saat kondisi mulai membaik, fisioterapis akan menganjurkan latihan untuk meningkatkan kekuatan untuk aktivitas fungsional, serta meningkatkan rentang gerak aktif ibu jari dan pergelangan tangan.
  7. Dalam keadaan tertentu fisioterapis mungkin akan merujukmu ke dokter yang akan menentukan apakah kamu memerlukan pengobatan, suntikan, atau perawatan bedah untuk pemulihan lebih lanjut.

Fisioterapi Setelah Operasi De Quervain

Jika  De Quervain yang kamu alami memerlukan pembedahan, fisioterapis akan mungkin akan memasangkan bidai di tangan dan pergelangan tangan setelah prosedur operasi. Fisioterapis akan membantu mengurangi pembengkakan, mempertahankan dan meningkatkan fleksibilitas tangan dan pergelangan tangan, membangun kekuatan tangan dan meningkatkan jangkauan gerak agar kamu bisa  kembali ke tingkat aktivitas sebelum cedera dengan aman.

Bisakah De Quervain  Dicegah?

Beberapa faktor risiko tidak dapat dikendalikan, seperti jenis kelamin atau usia. Untuk mencegah de quervain. Fisioterapis mungkin akan menyarankan kamu untuk :
  1. Menghindari penggunaan tangan yang berlebihan secara terus menerus dalam waktu lama.
  2. Menghindari atau membatasi penggunaan pergelangan tangan yang terlalu kuat.
  3. Menghindari penggunaan jempol yang berlebihan untuk smartphone dan bermain game.
  4. Menghindari meletakkan pergelangan tangan dan tangan dalam posisi canggung saat menggunakan tangan atau lengan.
  5. Fisioterapis dapat mengajari kamu posisi tangan dan pergelangan tangan yang benar dan aman untuk selama aktivitas sehari-hari di rumah, bekerja, dan olahraga.