Latihan Gerak Pasif Untuk Pasien Stroke



Halaman ini saya buat karena banyaknya keluarga pasien yang menanyakan "adakah video cara latihan untuk pasien stroke?"

Sebenarnya baik di tempat praktek atau di rumah sakit saya sudah membuat semacam leaflet gambar panduan latihan gerak untuk pasien stroke, tapi mungkin gambar bergerak lebih mudah ditiru.

Sebelum menyaksikan video latihan gerak untuk pasien stroke, sebaiknya Anda pahami dulu : apa itu stroke dan bagaimana fisioterapi dapat membantu pemulihannya?

Latihan gerak pasif lengan dan tangan

Di bawah adalah panduan latihan gerak pasif pada lengan dan tangan yang bisa dilakukan oleh keluarga pasien saat pasien masih kesulitan menggerakkan lengan dan tangannya baik karena kelemahan maupun karena penurunan kesadaran.


Latihan gerak pasif tungkai dan kaki

Di bawah adalah panduan latihan gerak pasif pada tungkai dan kaki yang bisa dilakukan oleh keluarga pasien saat pasien masih kesulitan menggerakkan tungkai dan kakinya baik karena kelemahan maupun karena penurunan kesadaran.



10 Hal Penting Belajar Bergerak Setelah Stroke

Bagi penderita stroke, menggerakkan lengan atau menggeser tungkai bisa jadi aktivitas yang menantang. Belajar bergerak adalah suatu perjuangan tersendiri. Fisioterapis dapat membimbing Anda melakukan latihan pemulihan gerak agar mendapatkan hasil yang optimal.

Baca : 10 hal penting yang perlu Anda ketahui selama proses pemulihan

Fisioterapi Setelah Pulang dari Rumah Sakit

Stroke dapat menyebabkan perubahan besar dalam gaya hidup penderita dan keluarga mereka. Setiap orang menginginkan pemulihan maksimal untuk orang yang mereka cintai. Fisioterapis akan membantu penderita stroke mendapatkan kembali sebanyak mungkin gerakan dan kemampuan mereka.

Pasien akan dipulangkan dari rumah sakit setelah kondisi medis stabil. Pulang dari rumah sakit bukan berarti sudah tidak akan ada perbaikan lagi. Fisioterapi harus dilanjutkan segera setelah pulang dari rumah sakit untuk mendapatkan potensi pemulihan yang maksimal. Separuh dari penderita stroke mengalami disabilitas signifikan. Namun otak merupakan organ yang mudah beradaptasi ( plastis ) dan pemulihan dapat berlangsung hingga beberapa bulan kedepan.

Saat pertama kali mengunjungi fisioterapis, pasien akan mendapatkan pemeriksaan fisik dan serangkaian wawancara untuk menemukan masalah dan membahas tujuan pemulihan jangka pendek dan jangka panjang pasien. Fisioterapi membantu pasien mendapatkan kembali sebanyak mungkin gerakan dan fungsi. Perawatan difokuskan pada perbaikan keseimbangan duduk, keseimbangan berdiri, berjalan, menggunakan lengan/tangan , mengelola setiap perubahan pada otot, mencegah dan mengelola rasa nyeri dan kekakuan.

Fisioterapi pada pasien stroke meliputi :
  1. Meningkatkan kemampuan untuk berguling, bergerak di tempat tidur, duduk dan berdiri
  2. Mengurangi ketegangan otot, rasa nyeri dan kekakuan
  3. Meningkatkan kekuatan
  4. Melatih pola gerakan normal
  5. Meningkatkan fungsi lengan dan kaki
  6. Meningkatkan kemampuan berjalan dan berpindah tempat
  7. Mengurangi risiko terjatuh
  8. Meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup

Setelah stroke mungkin seseorang akan mengalami kesulitan melakukan tugas-tugas yang sebelumnya sederhana. Ini bisa membuat kehidupan sehari-hari menjadi penuh perjuangan. Fisioterapis dapat menyarankan penggunaan alat bantu jalan, peralatan pendukung dan modifikasi perabot rumah untuk membuat tugas sehari-hari pasien lebih mudah.

Fisioterapis akan membimbing pasien melalui program latihan untuk meningkatkan mobilitas dan kontrol otot. Fisioterapis juga akan mengajarkan pasien beberapa bentuk latihan sederhana untuk dilanjutkan di rumah disela-sela jadwal pertemuan dengan fisioterapis. Keluarga / pengasuh pasien juga akan diajarkan teknik pengaturan posisi untuk membentuk pola pergerakan dan postur yang baik.

Kanal Konsultasi

Bila ada pertanyaan mengenai latihan gerak paska stroke atau pertanyaan lain terkait pemulihan gerak dan aktivitas paska stroke silahkan hubungi Saya melalui WhatApp dengan klik tombol di bawah ini.

Butuh Bantuan?

© Wahyu Physio. All rights reserved. Made with ♥ by Jago Desain

-->