Jenis-Jenis Tongkat Untuk Penderita Osteoarthritis dan Cara Penggunaannya

alat bantu jalan tongkat untuk penderita osteoarthritis

Osteoarthritis (radang sendi) pada lutut atau panggul dan sendi-sendi kaki dapat mengganggu kemampuan berjalan. Dengan alasan medis tertentu fisioterapis menganjurkan penderita osteoarthritis menggunakan tongkat sebagai alat bantu berjalan.

Pemilihan jenis tongkat yang tepat dan menggunakannya dengan benar dapat meningkatkan keseimbangan dan membantu mengurangi tekanan pada sendi-sendi kaki penderita osteoarthritis. Dalam tulisan ini, saya akan membahas manfaat dan jenis-jenis tongkat serta bagaimana cara menggunakannya akan memaksimalkan fungsi dan keamanan penggunaan tongkat.


Tongkat Membatu Meningkatkan Kemampuan Berjalan Penderita Osteoarthritis

Bila digunakan dengan benar, tongkat dapat meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh dengan memperluas basis dukungan (base of support). Pada penderita osteoarthritis sendi lutut tongkat bisa membantu meminimalisir sakit lutut saat berjalan dengan mengurangi beban berat badan pada sendi lutut. Begitu pula pada osteoarthritis sendi panggul atau pergelangan kaki, tongkat dapat membatu meningkatkan kemampuan berjalan.

Jenis-Jenis Tongkat Alat Bantu Jalan

Saat ini ada banyak pilihan tongkat, mulai dari bahan baku, jenis pegangan hingga warna tongkat, namun yang paling penting adalah Anda harus memilih jenis dan ukuran tongkat yang tepat untuk memaksimalkan fungsi dan meningkatkan keamanan.

jenis tongat alat bantu jalan, tongkat tripot, tongkat kuadripot, tongkat, one poin


Beberapa jenis tongkat yang ada saat ini antara lain :
  1. Tongkat titik tunggal ( one point cane )
  2. Tongkat titik empat ( 4 poin / kuadripot )
  3. Tongkat titik tiga ( 3 poin / tripot ) 

Di pasaran, tongkat tripot dikenal juga dengan tongkat piramid kaki tiga, sedangkan kuadripot dikenal dengan tongkat piramid kaki empat. Bisa jadi apotek atau toko alat kesehatan di sekitar Anda lebih mengenal tongkat piramid kaki tiga daripada tripot.

Milih Jenis Tongkat yang Tepat Untuk Osteoarthritis

Kebanyakan penderita osteoarthritis hanya membutuhkan tongkat titik tunggal. Tapi, bagi penderita osteoarthritis yang mengalami gangguan neurologis (seperti stroke), kelemahan otot-otot tungkai atau gangguan keseimbangan lebih tepat menggunakan tongkat empat titik (quadripot), karena lebih stabil.

Fisioterapis bisa memilihkan tongkat yang tepat 

Ingat, tidak ada jenis tongkat terbaik untuk semua kondisi. Jika Anda hendak membeli tongkat, pilihlah jenis tongkat yang aman dan nyaman digunakan. Fisioterapis dapat membantu memilih jenis tongkat yang tepat untuk kondisi Anda saat ini. Pemilihan jenis tongkat yang salah justeru dapat membahayakan penggunanya karena meningkatkan resiko terjatuh.

Dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan fungsional, fisioterapis dapat menentukan apakah Anda harus menggunakan tongkat atau justru tidak perlu bila derajat osteoarthritis dan keluhan Anda hanya ringan. Sebaliknya, bila derajat osteoarthritis dan keluhan Anda tergolong berat, mungkin Anda disarankan menggunakan alat bantu jalan yang tingkat stabilisasinya diatas tongkat tripot atau kuadripot, yaitu walker.

Usia, postur, berat badan, penyakit yang menyertai dan ada tidaknya gangguan memori / intelektual juga menjadi pertimbangan fisioterapis dalam menentukan jenis alat bantu jalan yang tepat untuk penderita osteoarthritis.

Tongkat bukan solusi tunggal

Tongkat juga merupakan bagian tak terpisahkan dari terapi non obat-obatan yang diberikan oleh fisioterapi seperti latihan keseimbangan, penguatan otot-otot tungkai, pengululuran, peningkatan cardiofitnes serta manipulasi sendi. Begitu pula opsi penggunaan knee brace / deker lutut, alas kaki khusus yang dinamakan insoles atau aplikasi kinesiotape.

Kunjungi praktek fisioterapi terdekat atau mintalah dokter Anda merujuk ke fisioterapis bila Anda mengalami gangguan jalan karena osteoarthritis.

Tips Fisioterapi : Bagaimana Cara Menggunakan Tongkat Dengan Nyaman dan Aman

Tujuan penggunaan tongkat dan alat penopang tubuh seperti knee brace (deker lutut) bagi penderita osteoarthritis adalah untuk meningkatkan kemampuan berjalan. Bagaimanapun berjalan adalah pilihan yang lebih baik untuk meningkatkan kondisi kesehatan Anda dibandingkan dengan duduk atau berbaring di ranjang.

Nah, sebelum menggunakan tongkat, Anda harus memastikan bahwa tongkat yang akan Anda gunakan benar-benar dapat membantu kemampuan berjalan Anda, nyaman dan aman saat digunakan.

Berikut ini beberapa tips dan saran dari fisioterapis cara menggunakan tongkat :

1. Cara menentukan ketinggian tongkat 

Memilih tongkat adjustable yang bisa disesuaikan ketinggiannya mungkin menjadi keputusan yang tepat untuk alasan praktis. Tongkat produksi pabrikan yang dijual di toko-toko alat kesehatan biasanya telah dilengkapi dengan pengatur ketinggian, yang bentuknya seperti pin kecil .

Cara paling mudah untuk menyesuaikan tinggi tongkat adalah dengan berdiri tegak menggunakan alas kaki yang biasa digunakan, kedua tangan berada di samping tubuh. Letakkan tongkat disamping tubuh, lalu atur tinggi tongkat dengan ketinggian pegangan tongkat sejajar dengan pergelangan tangan.

Bila tongkat terlalu tinggi, stabilitas akan berkurang. Sebaliknya, bila tongkat terlalu rendah akan menyebabkan postur terlalu membungkuk dan membuat sulit berjalan.

2. Cara berjalan dengan tongkat

Hal penting yang perlu jadi perhatian adalah, tongkat digunakan pada sisi berlawanan dengan sisi tubuh yang sakit. Bila Anda mengalami nyeri lutut sisi kanan, maka genggam tongkat menggunakan tangan kiri.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah, pastikan kaki-kaki tripot atau quadripot dirancang melebar ke samping luar. Bila terbalik (bagian yang lebar berada di dalam) , kaki Anda bisa menyandung tongkat saat berjalan dan beresiko terjatuh.

Untuk menyesuaikan longgarkan baut di diatas leher kaki-kaki, putar hingga bagian lebar berada di samping luar lalu kencangkan kembali. Untuk tongkat jenis single point ini tidak masalah.

Saat berjalan, letakkan sekitar dua inci di samping sedikit agak kedepan kaki -- bukan di depan kaki. Ayunkan tungkai yang sakit dan tongkat bersama-sama. Setelah mendarat di lantai, sekarang giliran kaki yang sakit dan tongkat bersama-sama menumpu untuk menyangga berat badan saat kaki sisi sehat mengayun kedepan. Ulangi terus seperti itu polanya.

3. Cara naik turun tangga menggunakan tongkat

Untuk naik tangga, gerakkan kaki Anda yang sehat terlebih dahulu. Lalu, ikuti dengan kaki sisi sakit secara bersamaan. Ulangi pola ini hingga ujung atas tanggga.

Saat menuruni tangga, mulailah dengan tongkat, lalu letakkan kaki yang sakit ke depan, dan ikuti dengan kaki yang sehat. Ulangi pola ini hingga sampai ke ujung bawah.

Fisioterapis biasanya memberikan rumus naik-turun tangga dengan semboyan, "naik dengan kaki sehat, turun dengan kaki sakit" agar mudah Anda diingat.

4. Membeli tongkat

Tongkat one poin, tripot atau kuadripot dapat dibeli di toko alat kesehatan terdekat dengan harga mulai dari dua ratus ribuan. Tak harus membeli produk termahal, pilihlah tongkat sesuai kebutuhan dengan kualitas minimal memenuhi standar. Anda juga bisa membeli tongkat di toko online WK24 : Healthy, Life & Style .

Sumber

https://www.arthritis.org/health-wellness/healthy-living/managing-pain/joint-protection/how-to-choose-the-right-cane