Jenis-Jenis Tongkat dan Cara Penggunaannya Yang Benar

cara penggunaan tongat, cara menggunakan tongkat yang banr
Berjalan menggunakan tongkat piramid kaki empat
Berpindah tempat adalah kebutuhan dasar manusia, lazimnya dilakukan dengan cara berjalan. Pada kondisi tertentu baik karena usia maupun suatu penyakit, seseorang bisa saja mengalami kesulitan berjalan dan memerlukan alat bantu jalan, salah satu alat bantu jalan yang paling populer dan banyak digunakan adalah tongkat.

Indikasi penggunaan tongkat

Beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang menggunakan tongkat antara lain :
  1. Kelemahan otot tungkai 
  2. Rasa sakit pada kaki saat digunakan untuk berjalan 
  3. Gangguan keseimbangan
  4. Prosedur medis yang mengharuskan untuk mengurangi tumpuan pada satu tungkai

Jenis-jenis tongkat

Saat ini ada berbagai varian tongkat, mulai dari material bahan baku hingga warna tongkat, namun secara umum ada 3 jenis tongkat ( cane bhs.Inggris ) yang biasa direkomendasikan oleh fisioterapis kepada para pasien, antara lain :
  1. one point cane atau tongkat standar 
  2. three point cane atau tongkat tripot 
  3. four point cane atau tongkat kuadripot 

Di pasaran, kadang istilah tongkat tripot atau kuadripot memang kurang dikenal. Di berbagai toko alat kesehatan nama tripot lebih dikenal dengan nama tongkat piramid kaki 3, sedangkan kuadripot dikenal dengan nama tongkat piramid kaki empat.

Jika Anda hendak membeli tongkat di toko alat kesehatan, gunakan kata yang lebih pasaran : 'tongkat piramid kaki 3 atau kaki 4'. Begitu pula bila membeli di toko online, carilah tongkat dengan kata kunci 'tongkat pyramid', mungkin lebih pas.

Pemilihan jenis tongkat

Pemilihan tongkat yang tepat dan penggunaan yang benar dapat meningkatkan kemampuan berjalan, mengurangi resiko jatuh dan mengurangi rasa sakit saat menumpu (berjalan). Pada kondisi ringan penggunaan one point cane mungkin cukup membantu, tapi untuk kondisi yang membutuhkan tingkat stabilitas yang lebih tongkat tripod atau tongkat kuadripot mungkin dibutuhkan. Pada kondisi lebih berat lagi menggunakan walkerframe mungkin pilihan yang lebih tepat.

Dalam artikel kali ini saya tidak akan membahas penggunaan walker frame yang biasa disebut dengan tongkat segi empat. Penggunaan walkerframe  akan saya ulas pada artikel berikutnya.

Cara penggunaan tongkat

Penggunaan tongkat yang benar membuat pengguna berjalan dengan aman dan nyaman. Penggunaan tongkat yang salah dapat mengurangi kenyamanan, mengurangi manfaat penggunaan tongkat, bahkan dapat membahayakan. Ikuti tips berjalan dengan benar, aman, dan percaya diri dengan tongkat berikut ini :
  1. Pegang tongkat di tangan yang berlawanan dengan sisi yang membutuhkan dukungan (sisi sakit).
  2. Posisikan tongkat sedikit ke samping dan sekitar 2 inci ke depan. 
  3. Gerakkan tongkat ke depan pada saat yang sama saat melangkahlah maju dengan kaki yang sakit.
  4. Peganglah tongkat dengan stabil saat berjalan maju dengan kaki sehat.
Mintalah seseorang untuk mengawasi dan membantu memberikan dukungan atau memberikan stabilitas saat pertama kali mencoba berjalan menggunakan tongkat. Jika perlu, bicaralah dengan fisioterapis bila merasa membutuhkan bantuan bagaimana cara menggunakan tongkat .

Bagaimana cara menggunakan tongkat saat naik-turun tangga?

Salah satu yang sering ditanyakan oleh pasien kepada fisioterapis adalah, "Bagaimana cara menggunakan tongkat saat naik-turun tangga?". Memang perlu trik khusus untuk menggunakan tongkat saat menaiki atau menuruni tangga agar tongkat dapat memberikan dukungan yang maksimal dan tidak membahayakan.
  1. Genggam pegangan tangan tangga untuk mendapatkan dukungan.
  2. Naikkan kaki yang sehat terlebih dahulu.
  3. Kemudian, naikkan kaki yang sakit secara bersamaan dengan tongkat.
  4. Untuk menuruni tangga, letakkan tongkat di anak tangga satu step di bawah terlebih dahulu.
  5. Lalu, turunkan kaki yang sakit ke bawah, dan ikuti dengan kaki yang sehat.
Untuk mendapatkan diskripsi yang lebih aplikatif silakan menyimak video cara penggunaan tongkat 1 poin, tongkat piramid kaki 3 dan kaki 4 yang benar berikut ini. Karena belum sempat membuat video tutorial penggunaan tongkat saya sengaja membuat video subtitle (terjemahan bahasa indonesia) video Types of canes and How to use canes or walking sticks dari Channel Youtube Sanctus Rehabilitation Care Foundation


Demikan tips cara menggunakan tongkat dengan benar untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi resiko jatuh. Jika Anda memiliki gangguan atau kesulitan berjalan, sebaiknya kunjungi fisioterapis terdekat untuk membantu memilihkan jenis tongkat dan mengajarkan bagaimana cara penggunaannya sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan Anda saat ini.

Sumber :
Healthline : 16 Tips and Tricks for How to Safely Walk with a Cane