Mencermati Konsesus Kopenhagen 2019: Aktivitas Fisik dan Penuaan


Pada tanggal 19 hingga 22 November 2018 lalu, sebanyak 26 peneliti yang mewakili sembilan negara dan berbagai disiplin ilmu bertemu di Snekkersten, Denmark, untuk mengeluarkan konsensus berbasis bukti (evidence base) tentang aktivitas fisik dan penuaan.

Konsensus diambil dari berbagai metodologi penelitian dalam epidemiologi, kedokteran, fisiologi, neurosains, psikologi dan sosiologi dengan mengakui kekuatan dan keterbatasan masing-masing metode.
Bagi saya konsensus kopenhagen tentang aktivitas fisik dan penuaan ini cukup menarik. Saya merekomendasikan kepada para praktisi kesehatan dan para pengambil kebijakan mencermati isi dari konsensus para ahli ini.
Terlebih bagi mereka para fisioterapis yang banyak berhubungan dengan lansia ; fisioterapis yang bertugas di posyandu lansia di berbagai puskesmas, para pembina dan sukarelawan di panti lansia dan fisioterapis unit-unit geriatri rumah sakit.

Pernyataan yang dibuat oleh para ahli dalam konsensus ini merupakan refferensi berharga yang akan berdampak pada aspek klinis maupun kebijakan-kebijakan terkait dengan pelayanan geriatri  atau lansia.

Salah satu hal menarik bagi saya adalah adanya upaya menjelaskan perbedaan antara ‘physical activity’ dan ‘exercise’ yang dua-duanya berdampak positif bagi kesehatan lansia. Dimana ‘physical activity’ atau ‘aktivitas fisik’ adalah istilah umum yang mencakup rekreasi, pekerjaan, melakukan aktivitas baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur.  Sedangkan 'exercise' atau 'latihan' didevinisikan sebagai bagian dari aktivitas fisik lebih khusus dirancang untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, fungsi kognitif, keseimbangan, fleksibilitas, kekuatan ( power / strength ).

Dalam konsensus tersebut terdapat 30 butir pernyataan yang dibagi menjadi 4 tema, yaitu :
  1. Tema Kapasitas Fungsional dan Kesehatan (10 pernyataan)
  2. Tema Kesehatan Otak dan Fungsi Kognitif ( 6 pernyataan )
  3. Tema Perubahan perilaku, Intensi dan kebiasaan ( 8 pernyataan )
  4. Tema Perspektif Sosiologi ( 6 pernyataan )
Untuk membaca detail isi konsensus Kopenhagen 2019 , silakan mengunjungi laman berikut ini :
Copenhagen Consensus statement 2019: Physical Activity and Ageing / British Journal of Sport Medicine

BERIKAN KOMENTAR ()