Fisioterapi : Home Visit, Mengunjungi Klinik atau Ke Rumah Sakit ? Pertimbangkan Hal Berikut Ini.


Di mana sebaiknya fisioterapi? Di unit rehabilitasi medik rumah sakit, berkunjung ke klinik fisioterapi, atau mendatangkan fisioterapi ke rumah ( home visit ) ? Beberapa hal berikut bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih _____

Beberapa kondisi cedera, rasa nyeri, paska operasi atau penyakit yang mengakibatkan gangguan gerak dan kesulitan beraktivitas seperti stroke dan parkinson merupakan beberapa alasan kenapa seseorang memerlukan bantuan fisioterapi.

Saat ini masyarakat bisa mendapatkan layanan fisioterapi di berbagai fasilitas layanan kesehatan baik di klinik fisioterapi, rumah sakit atau mendatangkan fisioterapis ke rumah ( home care / home visit ).

Sebelum menentukan dimana Anda menerima layanan fisioterapi ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal agar Anda tidak salah menetukan pilihan.

Dalam artikel ini saya akan menyampaikan beberapa informasi yang dapat Anda jadikan pertimbangkan sebelum memilih mengunjungi klinik atau rumah sakit, atau justeru memilih layanan fusioterapi home care / home visit.

Fisioterapi di Rumah Sakit

Di rumah sakit, Anda bisa menemui fisioterapis di unit fisioterapi atau unit rehabilitasi medik. Jika Anda rawat nginap di rumah sakit dan mengalami gangguan gerak, bisanya dokter akan merujuk Anda ke bagian fisioterapi, lalu fisioterapi Akan mendatangi Anda di kamar perawatan untuk melakukan pemeriksaan dan tindakan. Jika Anda memerlukan peralatan khusus, Anda akan dibawa ke unit fisioterapi.

Di bagian-bagian tertentu seperti unit stroke, unit geriatri atau unit perawatan intensive bayi (NICU) fisioterapis menjadi bagian dari tim perawatan terpadu sehingga seorang pasien bisa lebih cepat ditangani oleh fisioterapis. Bila Anda tidak rawat nginap (rawat jalan) dan ingin menemui fisioterapis di rumah sakit pastikan rumah sakit tersebut membuka akses pasien untuk langsung menemui fisioterapis.

Di era BPJS ini beberapa rumah sakit memiliki prosedur administratif yang panjang bagi peserta BPJS untuk mendapatkan layanan fisioterapi, dikarenakan BPJS tidak menanggung biaya fisioterapi. Peserta BPJS hanya bisa menemui fisioterapis yang ditempatkan di unit-unit rehabilitasi medik sehingga pasien tidak leluasa untuk berkonsultasi dan mendapat treatment terbaik dari fisioterapis. Beberapa peserta BPJS terpaksa tidak menggunakan kartu BPJS supaya bisa menemui fisioterapis tanpa prosedur yang panjang.
Keuntungan fisioterapi di rumah sakit adalah biaya fisioterapi ditanggung oleh BPJS bila Anda di rujuk di unit rehabilitasi medik, kerugiannya adalah prosedur yang panjang dan kesulitan untuk konsultasi secara langsung dengan fisioterapis.
Keuntungan fisioterapi di rumah sakit adalah biaya fisioterapi ditanggung oleh BPJS bila Anda di rujuk di unit rehabilitasi medik, kerugiannya adalah prosedur yang panjang dan kesulitan untuk konsultasi secara langsung dengan fisioterapis. tindakan fisioterapi juga terbatas. Memilih menjadi pasien umum ( tidak menggunakan BPJS ) saat fisioterapi adalah alternatif lain bila rumah sakit mengijinkan pasien bertemu dan berkonsultasi langsung dengan fisioterapis.

Banyaknya antrian dan perbandingan antara pasien dan fisioterapis juga perlu Anda pertimbangkan, jika memungkinkan pilih yang bisa melayani ‘one patient one physio’ atau ‘satu pasien satu fisioterapis’, jika tidak memungkinkan pilihlah yang perbandingannya paling sedikit. Satu fisioterapis melayani beberapa pasien dalam satu waktu tentu menurunkan kualitas layanan fisioterapi. Bisa jadi inti dari layanan fisioterapi yaitu konseling, menemukan gangguan gerak dan fungsi tubuh, asistensi dan latihan fisik itu tidak Anda dapatkan. Alih-alih mendapatkan layanan fisioterapi yang berkualitas, bisa jadi fisioterapi hanya menggunakan alat-alat pemanas dan stimulasi listrik yang efektifitasnya rendah.

Mengunjungi Klinik Fisioterapi

Mengunjungi klinik fisioterapi merupakan pilihan bila Anda menginginkan layanan fisioterapi tanpa prosedur yang kompleks dan antrian yang panjang. Klinik fisioterapi juga banyak yang menerapkan manajemen ‘one patient one physio’ sehingga penanganan terhadap pasien bisa lebih teliti dan lebih intim. Keintiman ini membuat pasien lebih nyaman berbicara dengan fisioterapis.

Jalinan komunikasi antara fisioterapis dan pasien merupakan salah satu hal penting dalam keberhasilan program fisioterapi , karena fisioterapi bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang kondisi pasien , termasuk aspek psikologis dan sosiologis nya , sehingga pendekatan terapi bisa didesain sesuai dengan keadaan masing-masing pasien untuk mencapai hasil terbaik.

Beberapa klinik fisioterapi mengkhuskan layanannya , seperti klinik fisioterapi stroke, klinik fisioterapi tumbuh kembang, klinik fisioterapi anak, klinik fisioterapi olahraga (sport physiotherapy) dan klinik fisioterapi dengan layanan khusus manual / manipulasi terapi. Di klinik – klinik fisioterapi tersebut Anda akan ditangani oleh fisioterapis dengan keahlian dan pengalaman yang lebih di bidang-bidang khusus.

Meskipun pelayanan fisioterapi di klinik fisioterapi tidak dijamin oleh BPJS, namun kelebihan-kelebihan diatas bisa Anda jadikan pertimbangan kenapa memilih klinik fisioterapi.

Dimana lokasi klinik fisioterapi terdekat dari tempat tinggal Anda? www.pilihfisioterapi.com
 

Mengunjungi Praktek Fisioterapi


Sebenarnya praktek fisioterapi tak jauh berbeda dengan pelayanan klinik fisioterapi. Sarana dan alat-alat fisioterapi juga tersedia seperti di klinik fisioterapi. Fisioterapis yang membuka praktek mandiri juga banyak yang mengkhususkan diri untuk melayani kasus – kasus tertentu ( misalnya : anak-anak, stroke, manual terapi, olahraga ). Jika di klinik fisioterapi ada beberapa fisioterapis yang bekerja di sana, di praktek fisioterapi mandiri Anda hanya dilayani oleh seorang fisioterapis.
Dalam pelayanan fisioterapi dikenal dengan ‘red flag’, jika dalam pemeriksaan / screening ditemukan keadaan medis serius Anda akan dirujuk ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Ini untuk memenuhi standar pelayanan yang Aman untuk pasien ( patient savety care )
Tingkat keintiman fisioterapis dan pasien mungkin lebih dekat dibandingkan dengan klinik fisioterapi, Anda bisa menghubungi dan berkonsultasi perkembangan kesehatan Anda melalui telpon atau pesan pribadi langsung dengan fisioterapis yang menangani Anda. Jadwal kunjungan dan antrian bisa Anda diskusikan dan Anda atur lebih mudah dengan fisioterapis Anda.

Fisioterapi Home Visit atau Home Care

Mendatangkan fisioterapis ke rumah adalah alternatif lain terutama bagi Anda yang terkendala dengan mobilitas. Layanan ini dikenal dengan ‘home visit fisioterapi’ atau ‘home care fisioterapi’. Barangkali fisioterapi home visit adalah layanan yang paling praktis. Anda tinggal mengatur jadwal dan menunggu kedatangan fisioterapis di rumah. Tidak ada antri, prosedur administrasi juga biaya transportasi. 

Tapi tidak semua fisioterapis melayani home visit. Beberapa fisioterapis selektif memilih kasus untuk layanan home visit. Fisioterapis senior dengan kesibukan praktek yang tinggi mungkin tidak memiliki waktu untuk mengunjungi pasien di rumah.

Dimana mencari fisioterapi yang melayani home visit ? Sebagaimana mencari alamat klinik dan praktek fisioterapi, Anda juga bisa mencari fisioterapi yang melayani jasa kunjungan ke rumah melalui situs www.pilihfisioterapi.com
BERIKAN KOMENTAR ()