Tips Olahraga Jalan Kaki Untuk Penderita Arthritis

Jalan kaki merupakan olahraga yang bukan hanya murah, tapi juga cukup mudah dilakukan dan menyenangkan. Banyak sekali manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Namun  bagaimana dengan para penderita arthritis? _____

Dalam artikel sebelumnya di blog ini, saya sudah membahas tentang manfaat jalan kaki untuk kesehatan , baca : 20 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Sehari

Penelitian terkini menunjukkan bahwa, jalan kaki tidak berbahaya bagi penderita osteoarthritis. Hal ini menepis anggapan bahwa terlalu banyak jalan akan merusak struktur sendi lutut pendrita osteoarthritis. Berikut ini adalah 5 tips jalan kaki bagi penderita osteorathritis :

1. Tanyakan kepada fisioterapis Anda
Sebelum mulai untuk jalan kaki tanyakan kepada fisioterapis Anda, seberapa jauh dan seberapa lama Anda harus berjalan? Seberapa kecepatannya ? dan adakah hal-hal lain yang perlu dijadikan perhatian khusus saat berjalan ?

2. Gunakan alas kaki yang nyaman
Alas kaki merupakan hal yang penting untuk dijadikan perhatian. Gunakan alas kaki / sepatu yang ringan dan fleksibel untuk berjalan. Beberapa temuan ilmiah mengungkapkan pemakaian insoles dapat membantu berjalan lebih nyaman. Konsultasikan dengan fisioterapis Anda apakah Anda perlu untuk menggunakan insoles.

3. Bergabunglah dengan komunitas
Jalan kaki bersama dengan komunitas dapat meningkatkan motivasi dan mengurangi depresi. Berjalan sambil saling bersosialisasi menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Berjalanlah dengan orang-orang yang Anda sukai.

4. Dengarkan tubuh Anda
Dengarkan tubuh Anda, sehingga Anda dapat menentukan seberapa jauh jarak tempuh yang seharusnya ditempuh, seberapa lama waktu yang digunakan untuk berjalan. Nyeri yang sangat saat atau setelah berjalan adalah tanda Anda harus mengurangi intensitas jalan. Dengarkan apa yang dikatakan sendi Anda.

5. Bergeraklah dengan aman dan gunakan alat bantu jalan jika perlu
Mulailaah berjalan dengan kecepatan yang redah, rasakah respon tubuh Anda. Cobalah untuk melangkah dengan lembut. Jika perlu, gunakan alat bantu jalan untuk menjaga keseimbangan. Konsultasikan dengan fisioterapis Anda alat bantu yang tepat untuk olahraga jalan kaki.


Bacaan lebih lanjut :
https://www.arthritis.org/about-arthritis/understanding-arthritis/arthritis-statistics-facts.php
https://www.cdc.gov/arthritis/basics/physical-activity-overview.html
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30594537
https://insights.ovid.com/pubmed?pmid=27824657
https://www.arthritis.org/living-with-arthritis/tools-resources/walk-with-ease/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4453623/


BERIKAN KOMENTAR ()