Bahu Nyeri dan Kaku , Mungkin Frozen Shoulder ; Apa yang Bisa Dilakukan Fisioterapis ?

Nyeri Bahu, Nyeri Pundak, Sakit Bahu, Bahu Kaku, Pundak kaku
Pernahkah Anda merasakan nyeri dan kaku pada bahu? Sulit mengambil dompet di saku belakang atau melepas pengait bra. Terkadang nyeri yang dirasakan bisa mengganggu tidur Anda. Nyeri dan kaku pada bahu bisa jadi merupakan tanda dari frozen shoulders atau bahu kaku. Fisioterapi dapat membantu Anda mengurangi nyeri dan kekakuan sendi dengan aman dan efektif ___ By Nuraini Aiwa Salamah Rahmah AMF 

Apa Itu Frozen Shoulder ?

Frozen shoulder atau bahu kaku adalah suatu kondisi dimana tejadinya perlengketan jaringan pada persendian bahu yang mengakibatkan nyeri gerak dan kekakuan sendi bahu. Sampai saat ini para ahli masih berdebat mengenai penyebab dari frozen shoulder. Beberapa ahli mengaitkan frozen shoulder dengan peradangan dan autoimun.

Penyebab lain dari frozen shoulder antara lain cedera pada lengan dan bahu yang mengharuskan memakai sling atau gips dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa juga akibat dari operasi bahu, operasi jantung terbuka, ataupun akibat dari pengobatan kanker payudara baik itu dengan pembedahan ataupun dengan pengobatan radioterapi.

Data statistik juga menunjukkan frozen shoulder banyak terjadi pada bahu non dominan wanita yang telah menopouse. Penderita diabetes, stroke dan parkinson juga lebih berpeluang mengelami frozen shoulder atau bahu kaku.

Apa Tanda - Tanda Frozen Shoulder ?

Gejala awal frozen shoulder atau bahu kaku ditandai dengan adanya rasa nyeri pada saat mengangkat lengan atau melakukan aktifitas tertentu. Gejala yang dirasakan pun berbeda antara pria maupun wanita. Bagi kebanyakan wanita akan merasa kesulitan ketika mengaitkan kancing bra sedangkan pada pria akan merasa kesulitan ketikaakan mengambil dompet dari saku belakang celana.

Apa Yang Bisa Dilakukan Fisioterapis Pada Kondisi Frozen Shoulder ?

Untuk mendiagnosis frozen shoulder, fisioerapis akan melakukan beberapa pemeriksaan dan test gerak. Anda akan di minta untuk menggerakkan lengan yang dirasakan nyeri seperti gerakan mengangkat lengan ke atas atau seberapa mampu Anda mengangkat tangan dan gerakan memutar lengan untuk mengetahui derajat keterbatasan gerak sendi .

Biasanya fisioterapis juga akan menanyakan pada saat seperti apa Anda merasakan nyeri pada sendi bahu. Dengan begitu fisioterapis akan memberikan arahan bagaimana memposisikan lengan agar dapat tidur dengan nyaman, mengurangi atau menghindari beban yang terlalu berat pada saat beraktivitas menggunakan lengan.

Langkah selanjunya difokuskan untuk mengurangi intensitas nyeri yang Anda rasakan. Fisioterapis akan memberikan edukasi tentang apa itu nyeri, bagaimana mekanismenya dan bagaimana mengelolanya. Untuk mengurangi nyeri fisioterapis biasanya menganjurkan pasien untuk menggunakan kompres panas atau dingin. Di klinik biasanya dilakukan dengan penyinaran infamerah atau penggunaan  TENS. Beberapa fisioterapis menggunakan kinesiotape untuk penyangga otot bahu dan mengurangi nyeri pada bahu ketika kita tidur.

Setelah nyeri mulai berkurang, langkah selanjutnya adalah pemberian latihan gerak ringan pada persendian bahu yang mengalami kekakuan. Fisioterapis akan membaringkan ada dengan posisi telentang dan lengan berada di pinggir tempat tidur kemudian menggerakkan secara perlahan lengan dari bahu Anda yang mengalami kekakuan. Gerakan yang dilakukan di sesuaikan dengan pergerakan sendi bahu. Bahu akan ditarik lembut kearah berlawanan untuk mengurangi perlengketan pada persendian dan mengendurkan otot yang kaku.

Selain itu fisioterapis juga akan memberikan beberapa latihan ringan yang bisa Anda lakukan sebelum ataupun setelah beraktifitas untuk mempertahankan kondisi yang telah membaik setelah diberikan tindakan fisioterapi.

Latihan seperti penguluran dan gerakan memutar lengan merupakan latihan yang paling efektif untuk menjaga kelenturan otot di sekitar bahu juga mencegah adanya keterbatasan gerak pada sendi bahu. Selain itu Anda juga akan di beri saran agar memperhatikan pola gerak dan batas beban pada saat Anda beraktifitas dan bekerja.

Untuk mendapatkan penanganan fisioterapi Anda bisa mendatangi rumah sakit atau klinik fisioterapi terdekat. Anda juga bisa menggunakan situs pilihfisioterapi.com untuk menemukan fisioterapis terdekat.


Referensi :
https://www.verywellhealth.com/first-steps-to-treat-a-frozen-shoulder-2696482
https://www.moveforwardpt.com/symptomsconditionsdetail.aspx?cid=00661806-1fa0-4fc0-ba17-ea32751d7412
https://choose.physio/your-body/shoulder/frozen-shoulder


* ) In Collaboration With Nuraini Aiwa Salamah Rahmah AMF
BERIKAN KOMENTAR ()