Pulihkan Tubuh dari Cedera dengan Lebih Cepat Lewat Metode POLICE

Protection, Rest, Ice, Compression, Elevation, atau dapat disingkat menjadi PRICE telah lama digunakan sebagai metode penyembuhan pasca cedera. Namun kini metode ini segera digantikan, karena “Rest (istirahat)” digeser oleh “Optimal Loading”, sehingga metode ini berganti menjadi POLICE.

Mengapa elemen istirahat digantikan? Istirahat memang penting, terutama setelah mengalami cedera, tetapi sebaiknya tidak beristirahat terlalu lama. Faktanya, riset membuktikan bahwa aktif menggerakkan tubuh dapat memperbaiki jaringan tubuh saat proses penyembuhan. Sedangkan terlalu banyak istirahat dapat menimbulkan ketegangan sendi dan otot yang melemah.

pertolongan pertama cedera akut
POLICE _GoPhysio
Di beberapa kasus cedera, pasien memerlukan unsur “Protection” berupa pemakaian tongkat selama beberapa hari untuk mengangkat beban tubuh dari cedera mata kaki atau lutut. Metode ini ampuh untuk menghindari gangguan kesehatan lain dan mempercepat penyembuhan pada jaringan otot. Namun jangan terlalu lama menggunakan tongkat, karena akan menghambat tubuh dalam melatih otot yang cedera, sehingga proses penyembuhannya menjadi lebih lambat.

Unsur “Optimal Loading” memang agak rancu untuk digunakan, karena metodenya berbeda di setiap jaringan otot dan anggota tubuh yang mengalami cedera. Caranya, jangan takut untuk menggerakkan anggota tubuh yang mengalami cedera. Memang akan terasa nyeri, namun hanya sedikit saja, karena Anda hanya perlu melakukan latihan ringan yang disesuaikan dengan kemampuan. Tingkatkan beban latihan jika tubuh mulai membaik agar proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Selengkapnya, berikut ini pemaparan mengenai metode POLICE:

PROTECTION

Alih-alih mengistirahatkan total bagian tubuh yang mengalami cedera, lebih baik memproteksi tubuh dari kerusakan lebih lanjut. Istirahat dalam jangka waktu pendek sangat baik untuk meredakan bagian tubuh yang cedera. Batasi istirahat total dan kombinasikan dengan metode “optimal loading”.

OPTIMAL LOADING

Semakin cepat Anda kembali aktif bergerak, semakin cepat pula proses penyembuhannya. Teknik ini juga dapat membantu menunda kembalinya rasa nyeri yang timbul saat tubuh istirahat total, seperti sendi dan otot tegang atau penyusutan otot.

ICE

Mengompres dengan es batu ampuh meredakan pembengkakan di sekitar otot atau sendi yang mengalami cedera dan mampu membantu mengurangi rasa nyeri yang akut. Lakukan setiap beberapa jam sekali selama 20 menit.

COMPRESSION

Balut bagian tubuh yang cedera dengan perban untuk mengurangi pembengkakan. Metode ini juga dapat dikombinasikan dengan kompres es batu.

ELEVATION

Saat beristirahat, rebahkan bagian tubuh yang cedera di tempat yang lebih tinggi dari dada Anda. Trik ini sangat ampuh untuk menangani pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.


Sumber:  
 
BERIKAN KOMENTAR ()