Ikatan Fisioterapi Indonesia Bersiap Sukseskan Asian Games


Asian Games ke-18, akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus - 2 September 2018 di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten. Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games setelah Asian Games IV yang diadakan di Jakarta pada tahun 1962 Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan diadakan di dua kota sekaligus. 

Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. Beberapa persiapan telah dilakukan, salah satunya adalah kerjasama khusus dengan Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) untuk penanganan cedera pada atlet.

Ketua Umum IFI 2016-2021 Moh Ali Imron, SMPh, MFis mengatakan, atlet berpotensi mengalami cedera saat bertanding. “Untuk menghindari kesalahan saat penanganan cedera, IFI telah menyiagakan 40 tenaga ahli bersertifikat internasional selama berlangsungnya Asian Games,” kata Ali saat merayakan HUT ke-50 IFI di Jakarta, Minggu (10/5) "Saat ini IFI telah menyiapkan 40 fisioterapis untuk Asian Games 2018 baik di Jakarta maupun Palembang. Hanya saja, nantinya jumlah tersebut akan bertambah", imbuhnya.

Fisioterapi merupakan salah satu bagian penting di olahraga. Seorang fisioterapis (ahli fisioterapi) menjadi penentu seorang atlet layak atau tidak untuk tampil. 

Bagaimana kesiapan IFI menghadapi Asian Games? Berikut ini adalah rekaman wawancara Radio Elshita Jakarta dengan Sekretaris Jenderal Ikatan Fisioterapi Indonesia M Irfan, M.Fis .



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pesta_Olahraga_Asia_2018 

https://asiangames2018.id/about/inasgoc

https://elshinta.com/news/147737/2018/06/11/ikatan-fisioterapi-indonesia-bantu-asian-games-dan-asian-para-games
BERIKAN KOMENTAR ()