Download : Oswestry Disability Index Bahasa Indonesia

Oswestry Disability Index (ODI) Berbahasa Indonesia
Dalam pelayanan pembuktian berbasis bukti penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Salah satu aspek penting didalamnya  adalah penggunaan instrumen pengukuran sebagai alat asesmen dan evaluasi.

Banyak instrumen pengukuran dalam bentuk kuesioner diadopsi dari bahasa asing ( Bahasa Inggris ) yang terkadang sulit atau bahkan tidak dimengerti oleh pasien sehingga menghasilkan interpretasi yang tidak akurat, termasuk Kuesioner Oswestry Disability Index berbahasa Indonesia.

Baca : Oswestry Disability Index ; Questioner Untuk Menilai Dampak Nyeri Pinggang Terhadap Kehidupan Sehari - Hari

Sebuah penelitian (2016)  tentang Modfikasi Oswestry Disability Index dilakukan di Universitas Esa Unggul Jakarta dengan melakukan proses translasi dari versi asli berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia hingga dilakukan pengujian validitas dan  pengujian reliabilitas untuk memastikan konsistensi kuesioner tersebut dalam konteks kultural Indonesia.

Kesimpulan penelitian tersebut menunjukkan modifikasi kuesioner modifiksi Oswestry Disability Index versi Indonesia telah memenuhi aspek psikometri alat ukur sehingga valid dan reliabel untuk digunakan dalam praktik klinis dan pengembangan keilmuan fisioterapi di Indonesia.

⏬ Download : Kuesioner Oswestry Disability Index berbahasa Indonesia

BERIKAN KOMENTAR ()