Salah Teknik Angkat Barang, Sebabkan Sakit Pinggang

teknik mengangkat barang, ergonomi mengangkat barang
Salah teknik angkat barang

Sakit pinggang bisa jadi kondisi yang amat mengganggu aktifitas sehari-hari dan pekerjaan kita. Meski sebagian besar sakit pinggang bisa sembuh dalam beberapa minggu, namun pengobatan yang tak tuntas beresiko memunculkan kekambuhan. Cedera pada otot-otot penegak tulang belakang merupakan kondisi yang sering mengakibatkan sakit pinggang, salah satu dari penyebab cedera itu adalah kesalahan teknik dalam mengangkat barang.

Mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri, kompres hangat atau kompres dingin, penggunaan TENS bermanfaat untuk meredakan nyeri pada masa awal terjadinya cedera. Beberapa klinisi menganjurkan pemakaian 🔻 korset lumbal saat masa akut meskipun beberapa penelitian menunjukkan rendahnya efektifitas penggunaan korset. Setelah nyeri berkurang, pasien harus segera melakukan latihan aktif seperti penguluran, penguatan maupun latihan endurence untuk mengembalikan gerakan dan aktifitas yang terganggu karena sakit pinggang. Latihan-latihan itu bisa dilakaukan dengan petunjuk dan bimbingan fisioterapis.

Selain mengajarkan berbagai bentuk latihan fisioterapis akan mengeksplorasi lebih jauh apa yang menjadi pemicu terjadinya sakit pinggang. Jika pemicu sakit pinggang itu bisa dihindari, besar kemungkinan sakit pinggang tidak akan kambuh di kemudian hari. Gangguan postur, ketegangan atau kelemahan otot-otot postural kerap ditemui pada orang-orang dengan sakit pinggang kambuhan. Setelah nyeri mulai reda fisioterapis akan fokus untuk mengelola gangguan-gangguan itu. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah aspek ergonomi, mencakup bagaimana sikap tubuh kita saat duduk, berdiri atau mengakat benda.

Kesalahan yang banyak ditemui adalah teknik mengakat benda dari lantai, dan ini merupakan aktifitas yang kerap memicu sakit pinggang. Beberapa istilah digunakan untuk menggambarkan sakit pinggang tiba-tiba, di Jawa sakit pinggang tiba-tiba biasa dinamakan dengan “kecetit” atau “kejethit”.

Saat saya mencoba mengangkat kardus air mineral dari lantai, tiba-tiba pinggang saya “kecetit”, sakit sekali rasanya….

Mengangkat benda dari lantai dalam posisi berdiri membungkuk dengan lutut lurus sangat beresiko terjadi cedera pada otot pinggang. Sebaiknya ambil posisi jongkok ( tekuk lutut ) dan tegakkan badan untuk mengambil benda dari lantai, apalagi benda dengan bebab berat. Baca : Cara Mengangkat Barang Dari Lantai ( VIDEO )

angkat benda dari lantai

Mengingat pentingnya teknik mengangkat dan mengangkut, edukasi dan kampanye tentang cara mengakat benda perlu diberikan oleh fisioterapis, tak hanya untuk pasien-pasien sakit pinggang, namun juga kepada orang-orang yang keseharian dan pekerjaannya banyak melakukan aktifitas mengangkat dan mengangkut, termasuk kepada para pekerja pabrik dan pertukangan juga kepada ibu-ibu pengasuh bayi dan balita.
BERIKAN KOMENTAR ()