Latest

latest

Owestry Disability Index ; Questioner Untuk Menilai Dampak Nyeri Pinggang Terhadap Kehidupan Sehari - Hari

Owestry Disability Index Questioner merupakan questioner yang biasa digunakan oleh fisioterapis untuk pasien-pasiennya yang datang dengan keluhan nyeri pinggang karena tingkat akurasinya yang tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan secara imiah.
/ by Wahyu Physio

kuesioner owestry disability index
Owestry Disability Index

Saat Anda menderita nyeri pinggang dan mengunjungi fisioterapis - baik atas inisiatif pribadi maupun rujukan dari dokter, saat itu fisioterapis Anda akan memulai pekerjannya dengan mencari tahu apa yang menyebabkan nyeri pinggang dan sejauh mana nyeri pinggang mempengaruhi kehidupan Anda sehari-hari.

Beberapa pertanyaan mungkin akan diajukan kepada Anda sebelum dilakukan serangkaian pemeriksaan fisik. Beberapa pertanyaan tersebut biasanya meliputi :
  • Kapan nyeri pinggang mulai dirasakan ?
  • Kronologi awal terjadinya nyeri pinggang ?
  • Apakah nyerinya kian membaik? , memburuk?, atau tetap?
  • Apakah nyerinya menjalar ?
  • Gerakan dan aktifitas apa yang dapat memperberat keluhan?
  • Apa yang Anda lakukan untuk mengurangi keluhan?
Selain pertanyaan-pertanyaa diatas fisioterapis biasanya akan mencari tau seberapa parah nyeri pinggang berdampak pada aktifitas kehidupan Anda sehari-hari menggunakan lembar questioner. Ada beberapa bentuk questioner untuk mengetahui dampak nyeri pinggang terhadap aktifitas dan kehidupan sehari-hari,  Owestry Disability Index Questioner merupakan questioner yang biasa digunakan oleh fisioterapis untuk pasien-pasiennya yang datang dengan keluhan nyeri pinggang.

Owestry Disability Index (ODI) atau biasa disebut dengan Owestry saja telah digunakan luas oleh fisioterapis dan ahli kesehatan di seluruh dunia karena tingkat akurasinya yang tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan secara imiah. ODI terdiri dari 10 section pertanyaan yang harus dijawab sesuai dengan kondisi yang paling relevan yang dialami oleh pasien, yaitu :
  1. Intensitas Nyeri
  2. Perawatan Diri (mis: mencuci, berpakaian)
  3. Mengangkat
  4. Mengangkat
  5. Duduk
  6. Berdiri
  7. Tidur
  8. Kehidupan Sosial
  9. Bepergian
  10. Pekerjaan/Rumah Tanggal

Selain berguna bagi fisioterapis ODI juga berguna bagi pasien. Anda dapat mengukur perkembangan penyakit dan tingkat keberhasilan terapi dengan ODI. Apakah skor disabilitas Anda berkurang atau tetap? Jika skor Owestry Anda berkurang, berarti  Anda mengalami perbaikan. 😉

Jika Anda mengalami nyeri pinggang dan hendak mengunjungi fisioterapis, tak ada salahnya menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas. Hal ini tentu akan mempercepat pemeriksaan serta memudahkan fisioterapis Anda menemukan diagnosis dan terapi yang tepat untuk Anda.

Next Story Posting Lama Beranda

Tidak ada komentar