Pertolongan Pertama Pada Keseleo Pergelangan Kaki



keseleo pergelangan kaki, keseleo angkel, cedera angkel
Keseleo Pergelangan Kaki
Pernah mengalami 'keseleo' pada pergelangan kaki ? Keseleo dapat terjadi kapan saja , baik saat olahraga, bermain, atau bekerja - bisa pula terjadi saat aktifitas sehari-hari di rumah Anda. Dalam terminologi medis istilah 'keseleo pergelangan kaki' atau terkilir adalah ankle sprain,  dimana  tali sendi stbilitator pergelangan kaki meregang secara berlebihan. Pembahasan lebih lanjut tentang apa itu sprain ankle akan saya bahas di lain kesempatan. Dalam artikel ini saya akan membahas pertolongan pertama pada keseleo.

Di klinik sebenarnya saya jarang mendapati pasien keseleo pada fase akut ( akut = cedera baru 1-3 hari). Artikel singkat ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan beberapa teman tentang bagaimana penanganan yang benar pada saat 'keseleo'? 

Kemarin kaki saya keseleo, apa yang harus saya lakukan? Boleh dipijit atau tidak pak?

Pertolongan Pertama Saat Keseleo / Terkilir

Sebenarnya pertolongan pertama pada saat terkilir bisa ditemui pada banyak artikel di internet , secara umum telah dikenal luas rumus RICE & NO HARM untuk penanganan cedera akut, termasuk saat terkilir.

LAKUKAN RICE

⏩ Rest ( Istirahat )_ Istirahatkan sementara ankle Anda dari aktifitas menyangga berat badan dan berjalan, gunakan tongkat, kruk atau walker untuk beberapa hari hingga peradangan mereda. Sebaiknya seketika Anda terkilir, istirahatlah dengan berbaring terlentang.

⏩ Ice ( Kompres dengan kantong es / ice pack)_ kompres pergelangan kaki dengan kantong es selama 15-20 menit untuk menghambat  aliran darah dan mrngurangi peradangan. Cara praktis membuat kantong es adalah dengan cara meremukkan es batu, masukkan ke dalam kantong plastik lalu bungkus dengan handuk lalu letakkan pada pergelangan kaki yang keseleo tadi.

Compression ( Tekan / Balut )_ berilah tekanan pergelangan kaki dengan bebat untuk mencegah bengkak. Jika ada gunakan elasic bandage ( perban elastis, biasanya berwarna coklat) yang banyak tersedia di apotek.

Elevation ( Tinggikan )_ angkat pergelangan kaki lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi berlangsungnya pembengkakan.


JANGAN LAKUKAN HARM

Hot ( Panas )_ jangan di kompres panas / hangat karena akan meningkatkan aliran darah dan menambah peradangan.

Alcohol_ jangan minum alkohol karena dapat memperlambat penyembuhan cedera.

Running ( Lari )_ sementara waktu hentikan aktifitas berlari, berjalan dan menumpu berat badan, latihan menumpu secara bertahap baru bisa dilakukan setelah 72 jam.

Massage ( Pijit)_ jangan memijat area cedera ( pergelangan kaki ) karena akan menambah kerusakan jaringan. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis cedera baru.


Demikian pembahasan singkat pertolongan pertama pada keseleo pergelangan kaki dengan rumus RICE & NO HARM.

Semoga bermanfaat ! 🙂
BERIKAN KOMENTAR ()