Mengenal Alat - Alat Yang Biasa Digunakan Oleh Fisioterapis

modalitasfisioterapi, alat fisioterapi
Mengenal modalitas alat fisioterapi

Saat Anda mengunjungi fisioterapis karena masalah nyeri atau kesulitan bergerak, biasanya fisioterapis akan menggunakan beberapa peralatan untuk membantu Anda bergerak dan merasa lebih nyaman . Peralatan pengobatan yang digunakan oleh fisioterapis tersebut dikenal dengan modalitas terapi atau modalitas fisik.Dalam praktik sehari-hari, fisioterapi menggunakan beberapa jenis modalitas untuk  mengobati pasien mereka.

Beberapa modalitas dapat membantu membantu meningkatkan kekuatan, rileksasi, dan penyembuhan otot. Modalitas yang dipilih oleh fisioterapis sangat tergantung dengan kondisi, kebutuhan pasien dan tujuan terapi.

Hot Packs (Kompres Panas)

Hot pack adalah semacam kantong panas yang ditempelkan pada bagian tubuh tertentu untuk membantu mrngurangi nyeri yang disebabkan karena ketegangan otot. Dalam aplikasinya, hotpack harus dibungkus beberapa lapis handuk sebelum ditempelkan ke permukaan kulit. Penggunaan hot pack dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Hot pack diberikan kepada pasien yang mengalami cedera, ketegangan otot dan arthritis ( pengapuran ).

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan hot pack merupakan  kontraindikasi untuk cedera baru. Biasanya fisioterapis juga menganjurkan pasien  untuk pemakaian hot pack / kompres hangat dirumah.

Cold Pack (Kompres Dingin)

Cold Pack adalah kantong gel yang digunakan oleh fisioterapis untuk mengobati bagian tubuh yang mengalami nyeri dan peradangan akut, seperti cedera baru. Sebagaimana hot pack, dalam aplikasinya coldpack dibungkus dengan beberapa lapis handuk sebelum ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diobati.

Efek dingin disalurkan ke kulit pasien, dan jaringan otot untuk memberikan efek terapi. Penurunan suhu jaringan dapat mempersempit pembuluh darah, mengurangi aliran darah dan menurunkan peradangan. Dengan berkurangnya peradangan , nyeri dan pembengkakan dapat berkurang.

Anda bisa membeli hot pack (kantong panas) dan cold pack (kantong dingin) di toko alat kesehatan terdekat, atau jika Anda menginginkan hot pack yang berkualitas Anda bisa membeli di toko alat fisioterapi online .

Lampu Infafred

Lampu infafred memancarkan gelombang infra merah.  Fisioterapis menggunakan lampu infra merah untuk meningkatkan suhu jaringan tubuh, meningkatkan peredaran darah dan mempercepat penyembuhan jaringan. Efek hangat yang dihasilkan lampu infra merah dapat menimbulkan efek nyaman, relaksasidan meredakan nyeri dan ketegangan otot. Manfaat dan tujuan penggunaan infrared sama dengan hot pack.

Di  Indonesia lampu Infra red lebih banyak digunakan oleh fisioterapis dibandingkan dengan penggunaan hot pack.

Dalam penggunaan alat fisioterapi lampu infrared harus dihindari paparan area sekitar mata dan cedera baru.

Ultrasound

Ultrasound merupakan alat yang dapat memancarkan gelombang suara frekuensi tinggi atau rendah. Gelombang suara tersebut  di salurkan ke dalam jaringan tubuh melalui perantara gel di permukaan kulit. Gelombang yang masuk ke dalam jaringan akan meningkatkan suhu jaringan dan menimbulkan efek hangat. Peningkatan suhu jaringan yang dihasilkan oleh ultrasound relatif lebih dalam dibandingkan dengan hot pack atau infrared.

Ultrasound dapat membuat relaksasi jaringan dan oleh karena itu banyak digunakan untuk pengobatan kekakuan otot dan ketegangan. Efek hangat dari ultrasound dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Selain efek hangat, fisioterapis juga dapat mengatur frekuensi mesin ultrasound untuk mengurangi peradangan cedera baru.

TENS

TENS merupakan singkatan dari Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation. TENS mengalirkan arus listrik dengan frekwensi dan amplitude tertentu yang dialirkan ke saraf melalui jaringan kulit. Arus listrik yang dihasilkan mesin TENS dialirkan melalui kabel dan ditempelkan ke permukaan kulit pasien menggunakan pad electrode.

TENS menimbulkan rasa seperti kesemutan di area kulit dan otot . Arus listrik dapat mengacaukan signal nyeri yang di alirkan saraf menuju otak. Dengan memutuskan sinyal nyeri menuju otak, nyeri pasien dapat dihilang atau berkurang.

Di klinik –klinik fisioterapi Anda bisa menemukan alat fisioterapi TENS dengan mesin besar atau mesin kecil ( portabel ). TENS portabel praktis digunakan dan berdaya rendah sehingga untuk kondisi tertentu, fisioterapis biasa menganjurkan pasien untuk membeli TENS portabel untuk digunakan sehari-hari.

Electrical Stimulation

ES ( Electrical Stimulation ) hampir sama dengan TENS. Bedanya jika TENS digunakan untuk mengurangi nyeri, ES digunakan untuk menimbulkan kontraksi sebuah otot atau grup otot. Kondisi cedera atau paska pembedahan dapat mengakibatkan otot mengalami kelemahan . Dengan menempatkan elektroda pada permukaan kulit, fisioterapis dapat merangsang serabut otot untuk berkontraksi. Fisioterapis dapat mengatur intensitas  dan frekwensi arus listrik untuk memodifikasi kuatnya kontraksi otot pasien.

Kinesiology Tape

Kinesiology tape atau kinesiotape merupakan teknologi fisioterapi yang relatif  baru. Kinesiotape biasanya digunakan oleh fisioterapis untuk para atlet. Kinesiotape berbentuk seperti plester yang ditempelkan pada permukaan kulit bagian tubuh / otot tertentu untuk membantu mengurangi nyeri, meningkatkan sirkulasi, atau memfasilitasi otot. Jika Anda pernah melihat para atlit menggunakan plester warna-warni di lengan atau paha mereka itulah kinesiotape.  Fisioterapis mengaplikasikan kinesiotape dengan memperhatikan otot, arah gerakan dan tujuan penggunaan kinesiotape. Perlu menjadi perhatian bahwa karena kinesiotape merupakan teknologi baru maka penelitian terkai modalitas ini masih sangat terbatas.

Meskipun modalitas alat-alat fisioterapi diatas dapat membantu Anda merasa nyaman, penggunaan alat-alat tersebut diatas tidak dapat menggantikan latihan aktif . Banyak hal yang dapat mempengaruhi gerakan dan aktifitas Anda. Berbagai penelitian terkini menunjukkan latihan gerak aktif adalah pilihan terbaik untuk mengobati gangguan gerak dan fungsi.

Jika saat ini Anda tengah menjalani fisioterapi dan mendapatkan terapi dengan modalitas alat-alat seperti diatas , pastikan Anda telah mendapatkan penjelasan tentang manfaat dan tujuan pengunaan alat-alat tersebut.  Jika Anda belum mendapatkan terapi latihan aktif dalam sesi fisioterapi, diskusikan dengan fisioterapis Anda. Manfaatkan PEDro atau Physiopedia untuk mendapat  informasi hasil riset bukti ilmiah terbaru tentang fisioterapi.
Sumber
Laura Inverarity, DO; Physical Therapy Modalities, Updated August 31, 2017 www.verywell.com