Tips Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

tips mengatasi nyeri haid tanpa obat, mengurangi nyeri haid tanpa obat
Sumber : Ummi Online

Saat ini Anda mengalami nyeri haid? Anda tidak sendiri. Beberapa wanita juga mengalami nyeri pada saat datang haid atau disebut dengan dysmenorrhea. Menurut riset sedikitnya 3 dari 4 wanita mengalami dysmenorrhe  dan 1 dari 10 nya mengalami dysmenorrhea  parah.

Dysmenorrhea adalah rasa sakit yang terjadi pada saat wanita sedang mengalami menstruasi. Dysmenorrhea timbul akibat adanya kontraksi rahim yang membantu dalam proses peluruhan lapisan dinding rahim pada saat menstruasi. Hormon prostaglandin berperan  dalam  rasa sakit dan inflamasi memicu otot rahim untuk berkontraksi. Kadar prostaglandin yang  tinggi dapat menimbulkan dysmenorrhea yang parah.

Mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri seperti aspirin atau asamefenamat kerap menjadi pilihan instan untuk meredakan nyeri haid. Bagaimana dengan Anda?  Jika Anda berfikir ingin meringankan nyeri haid tanpa harus mengkonsumsi obat, mungkin 4 tips mengatasi nyeri haid tanpa obat  ini bisa Anda lakukan. Berikut tips nya:

Mulai Melakukan Aktivitas Fisik

Kebanyakan wanita cenderung bermalas-malasan ketika mereka sedang mengalami nyeri haid, namun berdiam diri di rumah sambil menahan sakit jelas bukanlah pilihan yang nikmat. Bermalas-malasan tidak akan membuat nyeri Anda berkurang.

Tahukah Anda bahwa bergerak aktif atau berolahraga dapat mengurangi nyeri haid? Saat melakukan olah raga ringan peredaran darah Anda akan menjadi lebih lancar. Selain itu dengan melakukan olah raga ringan pada saat haid, akan merangsang keluarnya hormon endorphin dalam tubuh. Hormon ini dikenal sebagai morfin alami manusia. Endorphin menghasilkan efek pereda sakit atau analgesia. Selain itu, endorfin dapat membantu mempercepat memusnahkan prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot pada wanita haid.

Olahraga yang disarankan selama menstruasi adalah olahraga ringan dan menenangkan, seperti berenang, jalan cepat, lari santai, berenang, yoga dan bersepeda. Hindari olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban dan olahraga lain yang terlalu melelahkan.

Mengompres Perut

Pada saat nyeri haid, sering kali perut bagian bawah juga akan mengalami kram. Nah untuk meringankan nyeri dan kram ini Anda bisa menggunakan kompres air hangat. Gunakan kantong karet yang diisi air panas yang dapat Anda beli di apotek atau toko alat kesehatan. Jika tidak, Anda dapat menggunakan handuk yang dicelup air panas dan menempelkannya pada daerah perut. Dalam hal ini, kompres air hangat akan membuat seluruh otot Anda mengalami masa rileks sehingga akan mengurangi rasa nyeri Anda.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat menggunakan shower atau gayung juga bisa meredakan nyeri haid. Air hangat bisa membantu melenturkan otot serta merilekskan tubuh Anda, sehingga seusai mandi Anda merasa lebih segar dan siap kembali beraktivitas.

Jangan Konsumsi Kafein

Rasa sakit pada saat menstruasi itu bisa semakin parah bila mengkonsumsi kafein. Karena kafein membatasi pembuluh darah dan meningkatkan ketegangan dan kecemasan yang dapat membuat nyeri haid bertambah parah. Kafein berkontribusi pada kram karena sifat diuretiknya - meningkatkan produksi urin dan meningkatkan dehidrasi.

Itulah 4 tips mengatasi nyeri haid tanpa obat. Semoga bermanfaat
BERIKAN KOMENTAR ()