Waspadai Nyeri Pinggang Dengan Tanda-Tanda Berikut Ini

Red Flag Back Pain

Nyeri pinggang merupakan bisa dialami oleh siapa saja. Para ahli memperkirakan sekitar 80 persen manusia pernah mengalami keluhan nyeri pinggang , pendapat lain mengatakan sekitar 90 persen.

Untungnya sebagian besar nyeri pinggang ( sekitar 60 persen ) bukan merupakan gangguan kesehatan yang serius. ( Baca : Kebanyakan Nyeri Pinggang Bukan Masalah Serius ) Kebanyakan nyeri pinggang disebabkan oleh cedera otot pinggang karena kesalahan posisi atau gerakan saat melakukan aktifitas tertentu.

Dengan langkah-langkah sederhana seperti penggunaan kompres hangat atau dingin, konsumsi obat anti nyeri sesuai dosis anjuran, pemakaian korset pinggang, penggunaan TENS, dan olah raga ringan dapat meredakan nyeri pinggang dalam beberapa hari.

Pada umumnya nyeri pinggang biasa reda dalam waktu satu hingga dua minggu, namun apabila anda merasa nyeri pinggang anda tidak segera reda kunjungi dokter atau fisioterapi.

Beberapa tanda nyeri pinggang yang harus diperhatikan antara lain :
  1. Bengkak, kemerahan pada area pinggang
  2. Demam
  3. Nyeri pinggang menjalar ke satu atau kedua tungkai
  4. Mati rasa atau kesemutan di kaki
  5. Hilangnya kekuatan otot kaki dan kesulitan berjalan
  6. Gangguan buang air besar atau buang air kecil
  7. Penurunan berat badan drastis
  8. Menderita kanker atau pernah menderita kanker
  9. Baru mengalami cedera serius

Tanda-tanda diatas merupakan 'red flag' atau bendera merah, yaitu 'tanda bahaya' pada kondisi nyeri pinggang. Jika Anda mengalami nyeri pinggang dan beberapa tanda-tanda diatas, segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat.