Text Neck : Nyeri Leher Karena Ponsel Cerdas

Sakit leher karena handphone

Era digital mempengaruhi banyak hal mulai dari pola komunikasi antar manusia, dunia industri dan perdagangan hingga mempengaruhi banyak jenis profesi dan pekerjaan. Era digital mampu merubah gaya hidup dan perilaku manusia di dunia, era digital juga mempengaruhi pola gerak, aktifitas dan kesehatan.

Sekarang coba lihatlah ke sekitar dan Anda akan menemukan orang-orang, muda dan tua, terpesona oleh ponsel cerdas dan layar komputer.

Di era serba digital ini, setiap orang menghabiskan waktu untuk melihat ke bawah dan mengetuk-ngetuk layar ponsel cerdas. Seorang biasanya cenderung menundukkan kepala saat menggunakan ponsel cerdas mereka ketika berselancar atau menonton video dan akan semakin menunduk lagi pada saat mengetik.

Studi terbaru menemukan biasanya orang-orang mepertahankan posisi menunduk sekitar 45 derajat hingga 60 derajat saat menggunakan ponsel cerdas. Jika postur ini dipertahankan selama berjam-jam dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot leher, peningkatan tekanan pada diskus intervertebralis (bantalan antar ruas tulang belakang) dan kelainan postur.

Spine surgeon baru-baru ini melaporkan adanya peningkatan jumlah penderita nyeri leher karena postur yang buruk akibat penggunaan ponsel cerdas dalam waktu yang lama. Pasien terutama para usia muda yang semestinya tidak mempunyai masalah nyeri leher atau nyeri pinggang, melaporkan adanya kerusakan pada bantalan tulang belakang dan penyimpangan postur.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda adalah pengguna ponsel cerdas dan Anda merasakan leher Anda mulai terasa sakit saat Anda menggunakan ponsel cerdas, bisa jadi Anda mengalami "Text Neck".

Apa itu text neck? Text neck adalah istilah baru untuk menggambarkan kondisi nyeri leher yang disebabkan oleh penggunaan gawai dan ponsel cerdas.

Ini terjadi saat Anda menjaga leher Anda dalam posisi tertekuk ke depan selama berjam-jam saat mengirim pesan melalui aplikasi chatting, menggunakan sosial media, menonton video atau berselancar di internet dan membaca artikel favorit.

Gejala Text Neck

Gejala utama dari text neck adalah nyeri leher, gejala lain dari text neck meliputi:
  1. Nyeri leher menjalar ke satu sisi leher, tulang belikat, atau lengan
  2. Mati rasa atau kesemutan di lengan, tangan, atau jari
  3. Kelemahan di lengan atau tangan
  4. Kekakuan di leher atau kesulitan mengangkat kepala setelah melihat ke bawah untuk jangka waktu yang lama.
Jika Anda mengalami gejala-gejala ini dan semakin parah, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter atau fisioterapi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mencegah Text Neck

Untuk mencegah terjadinya text neck para ahli menyarankan agar tidak menundukkan leher saat menggunakan ponsel dengan cara mengangkat ponsel di depan wajah setinggi telinga. Bagi pengguna android ada baiknya mengunduh aplikasi pencegah text neck yang dapat mengingatkan Anda untuk membaca layar ponsel dalam posisi tegak.

Cara lain adalah dengan menerapkan istirahat berkala. Istirahat berkala dan lakukan penguluran untuk membantu otot-otot leher menjadi lebih rileks, cara ini dikatakan efektif untuk mengurangi ketegangan otot. Para ahli juga merekomendasikan untuk menggunakan ponsel dengan kedua tangan dan kedua ibu jari untuk menjaga simnetrisitas postur.
BERIKAN KOMENTAR ()