Hindari Sakit Pinggang Di Bulan Ramadhan

Nyeri Pinggang Saat Bulan Ramadhan

Bagi kaum muslimin Ramadhan merupakan saat yang dinanti-nantikan, bulan Ramadhan menjadi bulan  ibadah ummat islam, dimana di dalam bulan itu dipenuhi dengan ritual ibadah hampir sepanjang hari dan malam. Disamping menjaga nilai-nilai ruhiyah -  mental spiritual,  kondisi fisik  dan kesehatan juga harus diperhatikan. Menderita sakit di bulan Ramadhan – sakit pinggang misalnya, tentu mengganggu aktifitas Ibadah. Dalam artikel kali ini akan mengulas sedikit kiat mencegah dan mengobati nyeri pinggang saat Ramadhan.

Hindari Angkat Beban Teralu Berat

Beberapa aktifitas seperti mengangkat atau mengangkut beban berat dapat memicu terjadinya nyeri pinggang . Hindari mengangkut benda yang terlalu berat, mintalah bantuan orang lain jika perlu. Jika bisa dibagi menjadi beberapa bagian maka bagilah barang yang hendak anda angkut menjadi beberapa bagian agar lebih ringan.

Perhatikan Tehnik Mengangkat

Perhatikan pula cara mengangkat mengangkat benda. Jika Anda mengangkat benda dari lantai jangan bungkukkan badan dalam keadaan lutut lurus. Sebaiknya tekuk lutut Anda untuk mengambil benda di lantai. Membungkukkan badan untuk mengambil benda di lantai dapat membahayakan tulang belakang Anda.

Olahraga

Olahraga terbukti secara ilmiah dapat mencegah terjadinya nyeri pinggang. Lakukan olah raga dengan benar, diawali dari pemanasan, penguluran dan diakhiri dengan pendinginan. Latihan senam yoga, pilates, aerobic atau jalan cepet baik untuk mencegah sakit pinggang. Pada kondisi khusus seperti orang dengan kelebihan berat badan ( obesitas ) hindari olahraga yang mengandung unsur lompatan seperti jogging, karena dapat membahayakan sendi lutut, ankle dan tulang belakang. Baca : Apakah Kegemukan Itu Pasti Obesitas ?

Perahatikan saat yang tepat untuk olah raga di bulan puasa, lakukan olahraga di pagi hari dan sore hari menjelang berbuka.

Bagi penderita nyeri pinggang, olah raga itu penting. Hasil risaet dan panduan pengbatan nyeri pinggang di beberapa negara di Eropa dan Amerika  menghindari bedrest ( tirah baring ) lebih dari tiga hari dan merekomendasikan untuk segera beraktifitas - olahraga bertahap. Namun demikian, perlu diperhatikan jenis dan dosis olah raga yang dilakukan. Sebaiknya, konsultasikan dengan fisioterapi untuk menentukan olahraga yang tepat untuk Anda.

Bagaimana jika nanti Anda menderita sakit pinggang di saat Ramadhan? Saya harap itu tidak terjadi, namun ada baiknya Anda membaca artikel : Cara Mengobati Saki Pinggang Di Bulan Ramadhan

Semoga bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah pusasa Ramadhan !
BERIKAN KOMENTAR ()