Merayakan Physical Therapy Day 2016

Perayaan hari fisioterapi sedunia diisi dengan kegiatan gerak jalan dan mengkampanyekan pola hidup sehat.

Fisioterapi - Dalam rangka merayakan  hari fisioterapi sedunia dengan cara mengkampanyekan pola hidup sehat.

Hari fisioterapi dunia (Physical Therapy Day) jatuh tiap tanggal 8 pada bulan September. Jutaan fisioterapis di seluruh dunia merayakan hari itu dan menjadikannya sebagai hari solidaritas fisioterapi untuk mengkampanyekan pola hidup aktif : “Bergerak Untuk Sehat”. Motto Bergerak Untuk Sehat atau Move for Health menjadi tagline peringatan hari fisioterapi dunia sejak tahun 2010. WCPT  (organisasi fisioterapi dunia) menyatakan bahwa fisioterapi adalah exercise expert - ahli di bidang exercise dan senantiasa mengkampanyekan pola hidup aktif untuk mencegah berbagai penyakit akibat inaktivitas seperti jantung, stroke, diabetes dan obesitas.


Pada tahun 2016 ini, PT Day (Physical Therapy Day) mengambil tema lansia : “Add LifeTo Years”. Banyak problem gerak dan fungsi yang dialami oleh para lanjut usia. Pola hidup yang aktif dengan olahraga dapat memperkecil potensi terjadinya problem gerak dan fungsi serta penyakit. Banyak lansia yang harus menanggung beban kesehatan di usia tuanya karena factor degenerative dan inaktivitas, namun dengan senantiasa aktif bergerak – berolahraga, para lansia bisa tetap sehat, produktif dan bahagia di usia tua. Dan fisioterapi merupakan profesi yang memiliki peran signifikan dalam menjaga dan meningkatkan gerak dan fungsi para lansia. (BACA : Mengenal Profesi Fisioterapi)

Berbagai aktifitas dan acara perayaan PT day diselenggarakan oleh fisioterapis, dan organisasi / komunitas fisioterapi di berbagai negara, potret peringatan PT Day dari tahun ke tahun di berbagai negara kita lihat di situs PTDay WCPT .

Di Indonesia, peringatan PT Day juga berlangsung cukup semarak dan atraktif. Di awal bulan September 2016, fisioterapis dan pelajar fisioterapi pengguna media social facebook dan twitter merubah photo profil mereka menggunakan twibbon bertema PTDay.

BACA : Sejarah Profesi Fisioterapi


Kegiatan-kegiatan seperti jalan santai, senam masal dan pemeriksaan fisioterapi juga dilakukan di berbagai daerah, mulai dari Bali, Jawa Timur, dan akan menyusul Jakarta, Makassar dan daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah dokumentasi aktivitas yang perayaan PT Day 2016 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) dan Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI) di berbagai daerah.




Bagi komunitas fisioterapi di Indonesia, PT Day menjadi momen solidaritas dan perjuangan profesi untuk dapat beraktualisasi dan berkiprah dalam meningkatkan derajat kesehatan Indonesia dalam ranah gerak dan fungsi secara mandiri dan professional.

Selamat hari fisioterapi dunia : Mari bergerak untuk sehat
Salam fisioterapi Indonesia !!

Komentar