Ads Top

Manajemen Nyeri (Bagian 6): Telapak Kaki dan Tumit Terasa Sakit, Begini Cara Menyembuhkannya


Telapak kaki sampai tumit Anda terasa nyeri? Mungkin Anda menderita Plantar Fasciitis. Apa itu?
Peradangan pada plantar fascia—jaringan tebal di telapak kaki yang melintang dari tumit sampai lima jari-jari kaki. Bila Anda terkena gangguan ini, maka akan timbul rasa nyeri di bagian tumit atau lengkungan kaki. Berjalan dan berlari pun terasa menyakitkan.

Bagaimana cara mengobatinya?


Pertama, Anda bisa mengunjungi klinik fisioterapi. Fisioterapis dapat menggunakan iontophoresis atau ultrasound, sehingga rasa sakit yang Anda rasakan berkurang. Mobilitas pun meningkat.
Fisioterapis juga dapat memeriksa dan menentukan tindakan terbaik untuk megatasi kesalahan biomekanis, yang mungkin menyebabkan Anda menderita sakit di telapak kaki ini.


sumber gambar: beautyandbalance.com.au
Kedua, kadang-kadang Plantar Fasciitis yang tidak kunjung sembuh memerlukan pengobatan yang lebih invasif seperti suntikan kortison atau operasi. Jika kondisi Anda semakin memburuk selama beberapa bulan, fisioterapis akan merujuk Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

6 Terapi untuk Percepat Penyembuhan

Selama pengobatan, Anda juga bisa mempercepat kesembuhan dengan melakukan hal-hal berikut.

1. Istirahat

Gunanya adalah meringankan stres dan ketegangan pada plantar fascia. Gunakan prinsip POLICE (Protection, Optimal loading, Icing, Compression, dan Elevation). Ini adalah metode pengobatan cedera muskuloskeletal akut yang telah biasa digunakan untuk mengobati Plantar Fasciitis akut.

2. Latihan Penguluran

Plantar fascia wall stretch merupakan cara sederhana untuk meregangkan plantar fascia. Tujuannya untuk membantu meningkatkan mobilitas dan penyembuhan optimal.


sumber gambar: Slideshare.net

3. Latihan Penguatan Otot

Kelemahan otot penopang kaki dan pergelangan kaki dapat menyebabkan Plantar Fasciitis. Penguatan otot betis, otot tibialis anterior, atau otot tibialis posterior mungkin bermanfaat bagi Anda. Anda dapat mengunjungi fisioterapis untuk membuat program latihan penguatan yang tepat.

4. Botol Es

Selama fase akut Anda bisa menggunakan es untuk membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Pijat botol es adalah metode yang sederhana dan efektif untuk mengurangi rasa nyeri sambil memijat plantar fascia. Isilah botol plastik dengan air dan bekukan dalam freezer, gelindingkan dengan sedikit tekanan menggunakan telapak kaki Anda.

5. Gunakan Insoles

Fisioterapis dapat membantu menentukan apakah anatomis lengkung kaki terlalu rendah atau terlalu tinggi. Insoles dapat membantu untuk mendukung lengkungan kaki dan membantu menjaga dalam posisi netral saat berdiri, berjalan, dan berlari. Anda dapat membeli insoles untukPlantar Fasciitis di situs alat fisioterapi online tepercaya seperti http://www.physiostore.co.id

6. Sepatu yang Tepat

Jika sedang menderita Plantar Fasciitis, Anda harus memakai sepatu yang tepat. Sepatu hak tinggi mungkin terlihat bagus, tetapi tidak baik untuk kondisi Plantar Fasciitis Anda. Gunakan sepatu yang beralas lembut dan terdapat penopang lengkung kaki.

No comments:

Powered by Blogger.