Plantar Fasciitis, Lakukan Langkah-Langkah Berikut Ini !!

Kerap mengeluh nyeri tumit? mungkin Anda menderita plantar fasciitis. Suatu keadaan dimana terjadi inflamsi (peradangan) pada plantar fascia- jaringan tebal di telapak kaki yang melintang dari tumit sampai lima jari-jari kaki. Peradangan pada  plantar fasia dapat mengakibatkan rasa nyeri di bagian tumit atau lengkungan kaki Anda. Nyeri ini dapat mengganggu aktifitas sederhana seperti berjalan dan berlari. 

Plantar Fasciitis, Kunjungi Klinik Fisioterapi

Jika Anda menderita plantar fasciitis, Anda bisa mengunjungi klinik fisioterapi untuk membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas Anda secara keseluruhan. Fisioterapis dapat menggunakan berbagai modalitas seperti iontophoresis atau ultrasound untuk membantu mengobati kondisi Anda. Fisioterapis juga dapat memeriksa kondisi Anda untuk menentukan tindakan yang terbaik untuk membantu mengatasi kesalahan biomekanis yang mungkin menyebabkan Anda menderita plantar fasciitis 

Edukasi Plantar Fasciitis

Edukasi mengenai kondisi nyeri tumit yang Anda alami merupakan salah satu komponen penting dalam layanan fisioterapi. Fisioterapis harus bisa menerangkan apa yang harus Anda lakukan dan mengapa Anda harus melakukannya untuk membantu mengobati  plantar fasciitis. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri ketika menderita plantar fasciitis.

1) Istirahat 

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan jika mengalami plantar fasciitis adalah mengistirahatkan kaki Anda untuk meringankan stres dan ketegangan pada plantar fascia. 

Jika kita mengenal prinsip R.I.C.E (Rest=istirahat, Ice=es, Compresion=kompresi, dan Elevation= elevasi) merupakan metoda pengobatan cedera muskuloskeletal akut yang telah biasa digunakan, dalam beberapa tahun terakhir dikenalkan sebuah akronim POLICE untuk mengobati plantar fasciitis akut. POLICE adalah singkatan dari Protection, Optimal loading, Icing , Compression, dan Elevation

2) Latihan Penguluran 

Plantar fascia wall stretch
Bila Anda menderita plantar fasciitis, lakukan latihan peregangan plantar fasia , otot-otot kaki dan pergelangan kaki untuk membantu meningkatkan mobilitas dan penyembuhan optimal. 

Plantar fascia wall stretch merupakan cara sederhana untuk meregangkan plantar fascia. Menggunakan handuk untuk meregangkan otot betis juga dapat membantu untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas otot-otot sekitar kaki dan pergelangan kaki. 

3) Latiahan Penguatan Otot 

Kelemahan otot penopang kaki dan pergelangan kaki dapat menyebabkan plantar fasciitis. Penguatan  otot betis, otot tibialis anterior, atau otot tibialis posterior mungkin bermanfaat bagi Anda. Anda dapat mengunjungi fisioterapis untuk membuat program latihan penguatan yang tepat untuk Anda. 

4) Botol Es 

Botol Es
Selama fase akut dan Anda bisa menggunakan es untuk membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Pijat botol es adalah metode yang sederhana dan efektif untuk mengurangi rasa nyeri sambil memijat plantar fascia. Isilah botol plastik dengan air dan bekukan dalam freezer, gelindingkan dengan sedikit tekanan menggunakan telapak kaki Anda.

5) Gunakan Insoles 

Penggunaan Insoles
Lengkungan kaki yang tidak normal dapat menyebabkan nyeri tumit yang berhubungan dengan plantar fasciitis. Fisioterapis dapat membantu menentukan apakah anatomis lengkung kaki terlalu rendah atau terlalu tinggi. Insoles dapat membantu untuk mendukung lengkungan kaki dan membantu menjaga dalam posisi netral saat berdiri, berjalan dan berlari. Anda dapat membeli insoles untuk plantar fasciitis di situs alat fisioterapi online terpercaya seperti http://physiostore.co.id

6)  Kenakan Sepatu Yang Tepat 

Jika Anda menderita plantar fasciitis, Anda harus memakai sepatu yang tepat. Sepatu hak tinggi mungkin terlihat bagus, tetapi tidak baik untuk kondisi plantar fasciitis Anda. Gunakan sepatu yang beralas lembut dan terdapat penopang lengkung kaki.

Jika Anda mengalami nyeri tumit karena plantar fasciitis, Anda harus segera mengambil tindakan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas Anda. Iistirahat, menggunakan es, dan melakukan latihan sederhana untuk meregangkan dan memperkuat kaki dan pergelangan kak dapat membantu mengobati plantar fasciitis. 

Kadang-kadang plantar fasciitis yang tidak kunjung sembuh memerlukan pengobatan yang lebih invasif seperti suntikan kortison atau, sebagai pilihan terakhir-operasi. Jika kondisi Anda semakin memburuk dan berlangsung selama beberapa bulan, mungkin fisioterapis Anda akan merujuk Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 
BERIKAN KOMENTAR ()