Gejala Nyeri Lutut dan Kemungkinan Penyebabnya

Nyeri lutut dapat disebabkan karena beberapa hal, mengunjungi fisioterapis adalah pilihan yang tepat apabila Anda menderita nyeri lutut. Fisioterapis dapat memeriksa lutut Anda dan menentukan apa penyebab terjadinya nyeri lutut. Kadangkala penyebab nyeri lutut itu bisa diketahui dengan cepat melalui beberapa pertanyaan dan sedikit pemeriksaan fisik, namun kadangkala membutuhkan pemeriksaan yang lebih kompleks dan harus dirujuk ke dokter ahli.
Beberapa pertanyaan yang diajukan fisioterapis dalam pemeriksaan digunakan untuk mengetahui penyebab nyeri lutut yang Anda alami, seperti :
  • “Berapa usia Anda?”
  • “Apa jenis pekerjaan Anda”
  • “Sudah berapa lama keluhan nyeri lutut dirasakan?”
  • “Kapan nyeri dirasakan?”


Berikut ini adalah beberapa gejala nyeri lutut dan kemungkinan penyebabnya yang biasa dialami oleh pasien :

Lokasi Nyeri Lutut

Lutut bagian depan_Nyeri lutut bagian depan (anterior) banyak dihubungkan dengan problem pada tempurung lutut. Nyeri pada tempurung lutut dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Sisi dalam lutut_Nyeri lutut sisi dalam (medial) biasanya disebabkan karena cedera meniskus medialis, medial collateral ligamen dan arthritis.

Sisi luar lutut_Nyeri lutut sisi luar / samping (lateral) biasanya disebabkan cedera meniskus lateralis, lateral collateral ligamen, atau iliotibial band dan artrhritis

Nyeri lutut bagian belakang_nyeri lutut bagian belakang biasanya disebabkan oleh cairan yang disebut dengan Bakers Cyst


Waktu Terjadinya Nyeri Lutut

Saat turun tangga_Nyeri saat menuruni tangga biasanya berhubungan dengan masalah pada tempurung lutut sepeerti condromalacia

Nyeri pada pagi hari_Nyeri pada pagi hari setelah bangun tidur, kemudian berkurang setelah melakukan aktifitas beberapa saat biasanya disebabkan karena arthritis / pengapuran sendi

Bengkak

Bengkak pada sendi lutut bisa disebabkan oleh beberapa sebab yang berbeda. Bila bengkak terjadi setelah cedera lutut. Mungkin ini disebabkan karena cedera yang serius pada struktur internal sendi lutut, seperti ligamen cruciatum atau patah pada ujung tulang tibia (tulang kering)

Jika bengkak terjadi secara bertahap, beberapa jam hingga beberapa hari setelah cedera mungkin ini disebabkan karena cedera yang tidak terlalu parah, seperti robekan pada meniskus.

Bengkak pada sendi lutut yang tanpa didahului dengan penyebab cedera yang jelas biasanya disebabkan karena osteoarthritis sendi lutut. Meski jarang ditemui, pembengkakan pada sendi lutut bisa diakibatkan karena asam urat atau infeksi sendi.

Kekakuan Sendi

Kekakuan sendi lutut dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Jika kekakuan sendi terjadi bertahap biasanya diakibatkan karena arthritis.

Insatabilitas Sendi

Stabilitas sendi lutut terutama di hasilkan oleh ligamen sebagai tali yang mengikat tulang femur (tulang paha) dan tulang tibia (tulang kering) . Cedera bisa mengakibatkan ligamen terulur, robek atau putus. Jika hal ini terjadi bisa timbul sensasi seperti rasa goyang atau tidak stabil pada sendi lutut.

Selain dengan wawancara, fisioterapis akan melakukan pemeriksaan dan tes-tes khusus untuk menentukan lokasi atau struktur sendi lutut yang mengalami kerusakan.
BERIKAN KOMENTAR ()