World Physical Therapy Day 2015

Wahyu Physio | Fisioterapi - Seluruh dunia peduli dengan kesehatan dan selalu diperingati hari fisioterapi setiap tanggal 8 September.

Hari Fisioterapi Dunia atau World Physical Therapy Day ( PT Day ) jatuh tiap tanggal 8 September, hari dimana World Confederation for Physical Therapy (WCPT) didirikan pada tahun 1951. Hari ini merupakan hari persatuan dan solidaritas fisioterapi di seluruh dunia. Pada hari ini fisioterapis menunjukkan peran penting profesinya untuk kesehatan dan kebugaran.


Peringatan hari fisioterapi

Sejak tahun 2008 tagline dari PT Day adalah MOVEMENT FOR HEALTH,  WCPT meyakini Movement for Health adalah inti dari pelayanan fisioterapi. Profesi fisioterapi fisioterapi berkontribusi dalam upaya promotif dan pencegahan penyakit kardiovaskuler, diabetes, arthritis, kanker dan obesitas dengan mengajak masyarakat untuk senantiasa bergerak , melakukan aktifitas fisik dan berolahraga dengan aktif. Bergeraklah untuk sehat !!

Sedangkan tema dari PT Day 2015 ini adalah FULLFILING POTENTIAL. Banyak orang dengan penyakit menahun dan penderita cacat dapat bergembira menikmati hidupnya. Namun beberapa orang tidak demikian, karena mereka tidak mendapatkan support yang tepat. Mereka menjadi orang-orang yang terbuang dan menjadi beban bagi lingkungan dan masyarakat.


Fisioterapi

Fisioterapi merukapan profesi kesehatan yang mempunyai peran kunci dalam menolong orang-orang dengan penyakit menahun dengan memaksimalkan potensinya dan mendorong untuk berpartisipasi penuh dalam lingkungan dan masyarakat. Fisioterapis bekerja untuk memaksimalkan gerak dan kemampuan fungsional.

Fisioterapi merupakah profesi kesehatan berbasis evidence base yang ahli dalam mengembangkan dan menjaga kemampuan orang-orang untuk bergerak dan beraktifitas. Fisioterapis ahli di bidang biomekanika (gerakan tubuh) , mendiagnosis kelainan gerak dan bekerja untuk mengembalikan tubuh agar dapat bergerak dengan normal, berpartisipasi dengan maksimal dan mandiri. Fisioterapis mengobati dan mencegah beberapa problem kesehatan yang disebabkan oleh karena nyeri, penyakit, cedera, penuaan dan kecacatan.

Fisioterapi menangani pasien-pasien yang mengalami gangguan gerak dan fungsi yang diakibatkan oleh beberapa kondisi dan penyakit antara lain :
  • Nyeri seperti arthritis, repepetive strain injury, nyeri leher dan nyeri pinggang
  • Stroke, parkinson and cedera tulang belakang
  • Cerebral Palsy
  • Motor Delay
  • Penyakit jantung
  • Penyakit paru dan pernafasan
  • Trauma, seperti kecelakaan lalu lintas atau cedera olahraga
  • Kanker
  • Paska operasi 
Fisioterapis bekerja di berbagai wilayah kerja termasuk rumah sakit, pusat layanan kesehatan, klub olahraga, pusat rehabilitasi, home care dan pusat pendidikan dan penelitian.

Fisioterapis terdidik dan terlatih di berbagai universitas, institut dan akademi untuk mendapatkan basic science yang difokuskan pada fisika, anatomi, fisiologi, biomekanika, neuroscience dan kinesiology . Dengan background tersebut fisioterapis mampu mengembalikan dan memaksimalkan gerak dan mobilitas pasien. 
BERIKAN KOMENTAR ()