Latest

latest

Manajemen Nyeri (Bagian 2): Apa Obat Nyeri Pantat dan Sakit Pinggang?

Sebagian pakar, nyeri pantat pun digolongkan sebagai nyeri pinggang bawah atau low back pain (LBP). Setelah ditentukan, dokter biasanya akan memberikan resep obat nyeri pantat berupa obat anti nyeri dan relaksan otot. Agar lebih yakin, Anda juga bisa meminta rujukan ke fisioterapis. Kenapa perlu ke fisioterapis?
/ by Wahyu Physio
obat nyeri pantat, obat nyeri pinggang, obat sakit pantat, obat sakit pinggang

Nyeri pantat kerap membingungkan penderita, sekaligus praktisi kesehatan yang menanganinya. Biasanya nyeri berada di pantat sebelah kanan atau kiri, lalu menjalar ke tungkai. Kasus ini kerap dijumpai, baik oleh fisioterapis maupun dokter. Pada beberapa kasus lain, rasa nyeri disertai kesemutan atau rasa tebal di bagian kaki.

Oleh sebagian pakar, nyeri pantat pun digolongkan sebagai nyeri pinggang bawah atau low back pain (LBP).

Untuk mengobatinya, fisioterapis atau dokter akan berusaha menemukannya terlebih dahulu melalui serangkaian wawancara dan tes fisik. Pada kasus tertentu, Anda mungkin perlu menjalani pemeriksaan penunjang, seperti x-ray atau Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Sebagai informasi, secara umum, nyeri pantat—yang disertai atau tanpa disertai penjalaran pada tungkai—dapat diakibatkan oleh kerusakan pada:

1. Struktur Daerah Pantat.

Pantat tersusun oleh beberapa otot besar. Walau begitu, jauh di dalamnya, terdapat otot-otot kecil yang kerap mengakibatkan nyeri. Otot ini dinamakan otot piriformis. Otot ini dekat dengan saraf ischiadicus, saraf panjang yang berjalan dari tulang belakang bagian pinggang menuju tungkai.

Ketegangan dan radang pada otot piriformis, selain menyebabkan nyeri pantat, juga dapat mengakibatkan saraf terjepit, tepatnya pada saraf ischiadikus. Inilah yang membuat rasa nyeri menjalar ke paha belakang, betis, hingga kaki. Kadang diiringi pula dengan keluhan kesemutan atau rasa tebal. Situasi ini disebut dengan sindrom piriformis.
nyeri pantat, sindroma piriformis

sumber: dailyvitamoves.com

2. Struktur Tulang Belakang Bagian Pinggang.

Tulang belakang merupakan tempat keluarnya saraf-saraf menuju tungkai. Kadang, saraf yang berjalan menuju tungkai mengalami penjepitan di daerah pinggang.

Umumnya, situasi ini dikarenakan oleh hernia nucleus pulposus (HNP), yaitu penjepitan saraf oleh tonjolan pada bantalan tulang belakang yang mengalami kerusakan. Kerusakan pada bantalan antar ruas tulang belakang (discus intervertebralis) daerah lumbal kerap mengakibatkan keluhan nyeri pada daerah pantat dan sepanjang tungkai.
obat hnp, obat hernia nucleus pulposus,

Sebagai pasien, Anda bisa mempermudah fisioterapis atau dokter Anda untuk menentukan penyebab nyeri dengan menerangkan secara jelas sederet hal berikut:
  • Kapan dimulainya nyeri pantat?
  • Apakah semakin parah atau semakin membaik?
  • Apakah diiringi dengan rasa kesemutan/tebal atau nyeri yang menjalar?
  • Apakah didahului dengan trauma?
  • Gerakan atau aktivitas apa saja yang meringankan keluhan?
  • Gerakan atau aktivitas apa saja yang memperparah keluhan?
  • Apakah pernah mengalami keadaan serupa?

Setelah ditentukan, dokter biasanya akan memberikan resep obat nyeri pantat berupa obat anti nyeri dan relaksan otot. Agar lebih yakin, Anda juga bisa meminta rujukan ke fisioterapis. Kenapa perlu ke fisioterapis?

Karena fisioterapis dapat membantu Anda merilekskan otot piriformis yang mengalami ketegangan dengan teknik stretching dan massage. Anda juga akan dilatih untuk menstabilkan otot penegak tulang belakang. Fisioterapis juga bisa memberikan saran aktivitas atau gerakan yang sebaiknya Anda lakukan dan tidak lakukan. Penggunaan alat bantu seperti korset lumbal mungkin diresepkan untuk kondisi tulang tulang belakang yang unstable.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo